Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi

Authors

DOI:

10.29303/jcar.v7i2.11272

Published:

2025-03-30

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Keywords:

Make a match, SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Lukito, A. A., Jayawardana, H. B. A., & Maharani, L. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi. Journal of Classroom Action Research, 7(2), 576–582. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i2.11272

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan bentuk usaha mengembangkan dan membina sumber daya manusia. Pembelajaran IPA memiliki metode – metode yang harus diterapkan agar siswa tertarik dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada siswa kelas IX SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivlent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji homogenitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji normalitas dan homogenitas, menunjukan bahwa data memenuhi asumsi distribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis dilakukan melalui independent samples test dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran Make a Match. Dengan demikian, Hipotesisnya adalah nilai signifikansi (sig) < 0,05 maka ada H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA materi pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas IX SMPN 2 Kalibaru Banyuwangi.

References

Al Fasha, C., Sarjana, K., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424.

Asmani, J. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva press.

Ataupah, D. A. (2018). Peningkatan hasil belajar biologi materi sitem gerak melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 11-16.

Emah Fauziyah Rachman, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran, 4(1), 490-496.

Eva Julyanti, I. F. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 7-11.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hildatul Azmaliyah, D. R. (2023). Analisis Kebersihan Model Make A Match dalam peningkatan hasil belajar siswa pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial humaniora, 2(12), 1603-1618.

Jayawardana, H. B. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran HYPNOTEACHING untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 167-177.

Kratwohl, A. d. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen ( cetakan ke-1 ). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Primadi Candra Susanto, D. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, Vol 3 No 1, 1-12.

Purwanti, S. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangploso. Jurnal Taman Cendikia, 4(1), 445 - 451.

Rahayu, Y. P. (2022). Penggunaan Model Pembelajara Koopetratif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Education and Learning, 3(2), 159-165.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Setiawan, D. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran segitiga bongkar pasang dengan strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utama, M. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Pictue and Picture dan Make A MAtch ditinjau dari hasil belajar dalam pembelajarab IPA kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 82-99.

Yamin, M. (2015). Teori dan metode pembelajaran: konsepsi, strategi dan praktik belajar membangun karakter . Malang: Madani.

Yani, V. P., Azmi, S., & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 262-268.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zainal Berlian, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Pada Mata Pelajaran Biologi Di Smp Negeri 10 Palembang. Biolimi , 3(1), 13-17.

Author Biographies

Andari Ayu Lukito, Universitas PGRI Argopuro Jember

Hepta Bungsu Agung Jayawardana, Universitas PGRI Argopuro Jember

Lila Maharani, Universitas PGRI Argopuro Jember

License

Copyright (c) 2025 Andari Ayu Lukito, Hepta Bungsu Agung Jayawardana, Lila Maharani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).