Implementasi Guided Discovery Learning dengan Simurelay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Kendali di SMK 3 PGRI Malang
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11437Published:
2025-07-18Downloads
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat, khususnya dalam pembelajaran berbasis praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu tantangan dalam pembelajaran Sistem Kendali adalah keterbatasan alat praktik yang dapat menghambat pemahaman siswa terhadap konsep rangkaian kendali listrik. Simurelay merupakan aplikasi simulasi yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami prinsip kerja sistem kendali berbasis relay tanpa harus bergantung pada peralatan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi Simurelay dalam pembelajaran Sistem Kendali guna meningkatkan hasil belajar siswa di SMK 3 PGRI Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, serta wawancara guna mengukur efektivitas aplikasi terhadap peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Simurelay dalam pembelajaran Sistem Kendali mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan. Aplikasi ini membantu siswa dalam melakukan simulasi rangkaian kendali dengan lebih fleksibel dan efisien. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan minat belajar karena pendekatan berbasis teknologi yang lebih interaktif dan praktis. Dengan demikian, implementasi aplikasi Simurelay dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Kendali.
Keywords:
Guided Discovery Learning, Simurelay, Sistem KendaliReferences
Agustinova, D.E. (2020). Urgensi Humanisme dalam Pendidikan Abad ke-21 The Urgence of Humanism in 21st Century Education. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. 17 (2). 173 – 188.
Anugraini, A. P., & Muflihah, M. (2021). Penerapan Student Team Achievement Divisions (Stad) Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 4(1), 31–37. https://doi.org/ 10.33503/prismatika.v4i1.1410
Aprianingsih, A., Ermiana, I., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 118–124. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5153.
Budiarto, A. D., Joko, J., Rijanto, T., & Wrahatnolo, T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Software Simulator Kontrol Motor Listrik Berbasis Android, Kemandirian Belajar, Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMKN 1 Bangil. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,12(01),31–38. https://doi.org/10.26740 /jpte.v12n01.p31-38
Dewi, S. A. S., Erfan, M., & Nurwahidah. (2025). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 46 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 7(2), 579–587. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i2.11141
Elmi, H., Irfan, D., Simatupang, W., & Muskhir, M. (2023). Efektivitas Mobile Learning Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 9(1).
Elitasari, H.T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu. 6 (6). 9508-9516.
Gulo, D. D. S., Laoli, B., Laoli, E. S., & Lase, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(2), 314–327. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i2.2375.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran, Cet. ke-2. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, R et al. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 7, no. 2, pp. 97-104.
Ikhsan,K. N., & Supian, H. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Edukasi.6(1):193202.http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1682.
Kumala, S.A., et all. (2022).Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sififi Pada Materi Besaran dan Satuan. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 2 (8): hal. 2755-2762.
Mahardika, D. (2023). The Impact of Critical-Creative Thinking and Simurelay-Based Motivation on Motor Installation Learning Outcomes. (2025). Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 12(01), 208-219. https://doi.org/10.19109/wqd80810.
NK, Roestiyah. 1991. Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar dan Teknik Penyajian, Cet. ke-4. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhayati, Elis. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, Vol. 3(1): hal. 21-26.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292–298.https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpec ialIssue.4623
Siti Deti Nurhamidah, Atep Sujana, & Dety Amelia Karlina. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3190
Sriwiyata. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIIa Dengan Model Problem Based Learning Di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal PAJAR(Pendidikan dan Pengajaran), Vol. 5 (6): hal. 2614-1337.
Zebua, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Scientific Terintegrasi Dalam Blogspot Untuk Siswa SMA Negeri 1 Telukdalam. 1(2).
License
Copyright (c) 2025 Yogi Adi Pratama, Mustafa Darmanto, Mohamad Rodhi Faiz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


