Pengembangan Media Komik Edukatif IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11694Published:
2025-07-15Downloads
Abstract
Hasil survei PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa rata-rata literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah, dimana menduduki peringkat ke-73 dari 81 negara. Rendahnya literasi sains ini disebabkan oleh beberapa faktor utama, diantaranya adalah kurangnya penggunaan bahan ajar yang bervariasi serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep secara menyeluruh. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan bersama guru kelas V SDN 2 Kekeri, diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan di kelas terbatas pada buku guru dan buku siswa, tanpa dilengkapi dengan media visual lain yang dapat memperkaya pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media Komik Edukatif IPAS. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan dilaksanakan di SDN 2 Kekeri. Subjek uji kevalidan produk yaitu tiga validator ahli materi dan satu validator ahli media, sedangkan subjek uji kepraktisan yaitu satu guru kelas V dan 23 peserta didik kelas V. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan validasi ahli media untuk uji kevalidan produk, angket respon guru dan respon peserta didik untuk uji kepraktisan produk. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan produk menggunakan rumus presentase perolehan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik edukatif IPAS memperoleh penilaian sangat valid dan sangat praktis, dengan skor 91,66% dari ahli media, 88,88% dari ahli materi, 100% dari hasil respon guru, 94,54% dari uji coba kelompok kecil, dan 92,64% dari uji coba kelompok besar. Dengan demikian, media komik edukatif IPAS layak digunakan dalam pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media komik edukatif IPAS sebagai alat bantu pengajaran yang efektif untuk menjelaskan konsep sains yang kompleks dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.
Keywords:
Komik Edukatif, Kemampuan Literasi sains, IPASReferences
Arifah, H. (2020). “Pengembangan Media Komik Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 8(5), 12.
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Azami, B., Dessolina, D., Kristina, E., Pratiwi, M., Handayani, N., Freticilia, S. G., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball untuk Materi Fungsi dan Invers. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 69-80. https://doi.org/10.61193/jidr.v2i2.15
Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.
Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–559. 10.29303/jcar.v6i3.8508
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. Retrieved from: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Hidayah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Bahan Ajar terhadap Kebutuhan Guru dan Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(2), 128–142. https://doi.org/doi: 10.30659/pendas.10.2.128-142
Lathifah, M. F. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad ke 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 133-137. doi:10.29303/jipp. v5i2.98.
Mardiah, A., Harjono, A., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas V. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 852-858. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9647
Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CB09780511811678.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik (1st ed). Yogyakarta: UNY Press.
Murti, S., & Muhtadin, M. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 256-264. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba
OECD, (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (revised edition). PISA, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en.
Oryzasativa, T., Sari, T. T., & Kadarisman. (2023). Pengembangan Komik Edukasi Detektif Sains Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 61–66. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i2.670
Safira, A. N., Istiningsih, S., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Bangun Datar. Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9013
Qomariyah, R. S., Karimah, I., Soleha, R., & Ferdiansyah, D. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 34(1), 24-38. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.JPPI, 2(2), 131-146. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Sartika, S. P., Untari, R. S., Rezania, V., Rochmah, L. I. (2022). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Sidoarjo: Umsida Press.
Sanny, A., & Hendawati, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan (Science, Technology, Engineering, Matematic) STEM Berbantuan Media Komik terhadap Kemampuan Literasi Sains. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2(1), 445-454.
Tirtaatmadja, I., Nurviana, N., & Mansoor, A.Z. (2012). Pemetaan komik Indonesia periode tahun 1995-2008. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual, 4(1), 75-91. https://doi.org/10.5614/jkvw.2012.4.1.6
Wira, A. (2021). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 3(1), 01–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602
Yusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan (1st ed.). Bandung: Indonesia Emas Group.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1364/1/012006/meta
License
Copyright (c) 2025 Suci Ramadani, Ahmad Harjono, Fitri Puji Astria, Muhammad Sobri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


