Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025
Open Access
Peer Reviewed

Pengembangan Media Komik Edukatif IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V

Authors

DOI:

10.29303/jcar.v7i3.11694

Published:

2025-07-15

Downloads

Abstract

Hasil survei PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa rata-rata literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah, dimana menduduki peringkat ke-73 dari 81 negara. Rendahnya literasi sains ini disebabkan oleh beberapa faktor utama, diantaranya adalah kurangnya penggunaan bahan ajar yang bervariasi serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep secara menyeluruh. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan bersama guru kelas V SDN 2 Kekeri, diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan di kelas terbatas pada buku guru dan buku siswa, tanpa dilengkapi dengan media visual lain yang dapat memperkaya pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media Komik Edukatif IPAS. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan dilaksanakan di SDN 2 Kekeri. Subjek uji kevalidan produk yaitu tiga validator ahli materi dan satu validator ahli media, sedangkan subjek uji kepraktisan yaitu satu guru kelas V dan 23 peserta didik kelas V.  Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan validasi ahli media untuk uji kevalidan produk, angket respon guru dan respon peserta didik untuk uji kepraktisan produk. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan produk menggunakan rumus presentase perolehan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik edukatif IPAS memperoleh penilaian sangat valid dan sangat praktis, dengan skor 91,66% dari ahli media, 88,88% dari ahli materi, 100% dari hasil respon guru, 94,54% dari uji coba kelompok kecil, dan 92,64% dari uji coba kelompok besar. Dengan demikian, media komik edukatif IPAS layak digunakan dalam pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media komik edukatif IPAS sebagai alat bantu pengajaran yang efektif untuk menjelaskan konsep sains yang kompleks dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.

Keywords:

Komik Edukatif, Kemampuan Literasi sains, IPAS

References

Arifah, H. (2020). “Pengembangan Media Komik Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 8(5), 12.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Azami, B., Dessolina, D., Kristina, E., Pratiwi, M., Handayani, N., Freticilia, S. G., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball untuk Materi Fungsi dan Invers. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 69-80. https://doi.org/10.61193/jidr.v2i2.15

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.

Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–559. 10.29303/jcar.v6i3.8508

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. Retrieved from: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Hidayah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Bahan Ajar terhadap Kebutuhan Guru dan Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(2), 128–142. https://doi.org/doi: 10.30659/pendas.10.2.128-142

Lathifah, M. F. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad ke 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 133-137. doi:10.29303/jipp. v5i2.98.

Mardiah, A., Harjono, A., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas V. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 852-858. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9647

Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CB09780511811678.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik (1st ed). Yogyakarta: UNY Press.

Murti, S., & Muhtadin, M. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 256-264. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba

OECD, (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (revised edition). PISA, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en.

Oryzasativa, T., Sari, T. T., & Kadarisman. (2023). Pengembangan Komik Edukasi Detektif Sains Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 61–66. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i2.670

Safira, A. N., Istiningsih, S., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Bangun Datar. Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9013

Qomariyah, R. S., Karimah, I., Soleha, R., & Ferdiansyah, D. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 34(1), 24-38. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.JPPI, 2(2), 131-146. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sartika, S. P., Untari, R. S., Rezania, V., Rochmah, L. I. (2022). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Sidoarjo: Umsida Press.

Sanny, A., & Hendawati, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan (Science, Technology, Engineering, Matematic) STEM Berbantuan Media Komik terhadap Kemampuan Literasi Sains. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2(1), 445-454.

Tirtaatmadja, I., Nurviana, N., & Mansoor, A.Z. (2012). Pemetaan komik Indonesia periode tahun 1995-2008. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual, 4(1), 75-91. https://doi.org/10.5614/jkvw.2012.4.1.6

Wira, A. (2021). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 3(1), 01–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602

Yusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan (1st ed.). Bandung: Indonesia Emas Group.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1364/1/012006/meta

Author Biography

Suci Ramadani, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Ramadani, S., Harjono, A., & Astria, F. P. (2025). Pengembangan Media Komik Edukatif IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V. Journal of Classroom Action Research, 7(3), 902–909. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.11694