Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Kearifan Lokal Sasak Pada Pembelajaran IPAS Di SDN 40 Cakranegara
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11775Published:
2025-07-20Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 40 Cakranegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisi data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaan monopoli berbasis kearifan lokal sasak dari ahli media dan ahli materi dengan kriteria sangat valid dengan presentase ahli media 89% dan ahli materi dengan presentase 93% dan pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dengan kriteria sangat praktis dengan presentase kelompok kecil 94% dan kelompok besar 91%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak pada pembelajaran IPAS kelas IV yang diperoleh maka media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak dapat dinyatakan telah valid dan praktis. Media pembelajaran monopoli ini didesain dengan beranekaragam gambar kearifan lokal suku sasak dan dengan bahan yang praktis sehingga dapat mudah untuk dipindah – pindahkan sehingga pada proses pembelajaran dapat memudaahkan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Alasan pemilihan permainan monopoli dijadikan sebagai media pembelajaran yakni petak permainan dapat digunakan beberapa kali, persiapan saat proses pembelajaran lebih efektif, dan media mudah dimaninkan.
Keywords:
Kearifan Lokal Sasak, Media Pembelajaran, MonopoliReferences
Abidah, H. N. L., & Umah, R. Y. H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 251-263
Ameliya, R. R., & Setyawan, A. (2020). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135-148.
Bayaniyyah, S., & Novitasari, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Berbasis Kearifan Lokal SPada Mata Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV SDN 3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3900-3916.)
Herayani, L., Ilhamdi, M. L., & Syazali, M. (2024). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis PBL (Problem-Based Learning) Pada Materi IPA. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 342-348
Husniah, L., Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video stop motion materi fluida statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 15.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi: jurnal pendidikan dan pembelajaran, 1(1), 1-5.
Kusuma, L. A. S., Tahir, M., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 534-542
Maghfira, L., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Sridana, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410-416.
Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pena PAUD, 1(1), 19-26.
Nurhasanah, N., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan menggunakan pendekatan etnomatematika materi bangun ruang sisi datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260-266.
Pana, A., Asrin, A., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Etnapedagogik Berbasis Kearifan Lokal Sasak Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1709-1724.
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133-140.
Ramdani, A., Hakim, A., Sukarso, A. A., Arizona, K., & Yustiqvar, M. (2025). Pelatihan Penggunaan Media Augemented Reality (AR) Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru sebagai penguat Profil Pelajar Pancasila untuk Menunjang Kualitas Pendidikan Berkelanjutan (ESDGs). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 243-248.
Sela, H. M., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli pada Pembelajaran IPS Materi Kebudayaan Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 507-519.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model ADDIE dan assure dalam pengembangan media pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, [Online]. Available: https://journal. banjaresepacific. com/index. php/jimr.
Vitriani, A., San Fauziya, D., & Aryana, S. (2022). Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas Xi Sma. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 87-100.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ipas mi/sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Yusuf, M. A., Saidah, K., & Wenda, D. D. N. (2023). Pengembangan Media Monopoly Pop- Up Pada Materi Keberagaman Budaya Jawa Timur Kelas IV SDN Tiron 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2126-2135.
License
Copyright (c) 2025 Helma Malina, Nurul Kemala Dewi, Muhammad Sobri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


