Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025
Open Access
Peer Reviewed

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Blooket Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik

Authors

Nuril Hafiza , Sukardi , Jepri Utomo , Novi Suryanti , Sanikurniati

DOI:

10.29303/jcar.v7i3.11808

Published:

2025-07-18

Downloads

Abstract

Partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sangat penting untuk menunjang penyerapan pengetahuan, penguasaan keterampilan, dan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Blooket terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi. Blooket dipilih karena menyediakan fitur kuis berbasis permainan yang interaktif dan mampu mendorong keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Posttest Only with Non-equivalent Control Group. Populasi terbatas pada satu sekolah yaitu  siswa kelas X di SMAN 9 Mataram, oleh karena itu sampel dipilih melalui penyepadanan kelas dan simple random sampling, yaitu kelas X.6 sebagai eksperimen dan X.1 sebagai kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi partisipasi belajar yang diisi oleh dua observer. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dua sampel independen setelah data dinyatakan normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata partisipasi belajar siswa di kelas eksperimen (42,20) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (35,37) dengan nilai signifikansi p < 0,001. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan model TGT berbantuan media Blooket terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi.

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), Media Interaktif, digital media, sosiologi, partispasi belajar, Minat Belajar, Pendidikan

References

Abdiyah, L. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127-136.

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (TGT) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.

Agustin, D. R., Caska, C., & Sari, F. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Bantuan Blooket dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9942-9950.

Amalia, S., Lindawati, Y. I., & Hardiansyah, M. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Caringin. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 8942-8949.

Anam, K. (2023). Pengaruh Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) Terhadap Keterampilan Berpendapat Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Al Fattah Juwana Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Anggraini, A. V. pengaruh media Blooket terhadap hasil belajar ips peserta didik kelas v pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan indonesia di sdn jatisampurna x kota bekasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Armin, R., & Astuti. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2.

Aziza, N. F., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Perpaduan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1988-1995.

Barokah, Fitri., dan Mulyani, Dewi. 2021. Analisis terhadap Partisipasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Garut. Jurnal: Riset Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 1.

Bratel, O., Kostiuk, M., Bratel, S., & Okhrimenko, I. (2021). Student-Centered Online Assesment in Foreign Language Classes. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 926-941.

Eggen, P., dan Kauchak, D. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: indeks.

Erlina, A., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran FGD (Focus Group Discussion) Berbantuan Poster Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2428-2435.

Fadila, Sesil Anisa., dan Sylvia Ike. 2024. Upaya Peningkatan Partisipasi Peserta didik pada Pembelajaran Sosiologi Fase E melalui Media Teka-Teki Silang dan Model Pembelajaran TGT di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik. Jurnal: Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, Vol. 3 No. 3.

Fauziah, N., Maharani, E. T., & Hendrawati, T. (2024). Pengaruh Model Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Xii-C2 Di Sma Negeri 11 Semarang Pada Materi Reaksi Reduksi Dan OksidasI. Journal of Lesson Study in Teacher Education, 3(2), 24-31.

Ginanjar, Eggi G., Darmawan, Bambang., dan Sriyono. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Jurnal: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 6, No. 2.

Ginting, F. E. B. (2023, December). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Kelas 10 SMK PGRI Turen: Persepsi Peserta didik. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 3, No. 4).

Habibi, Yuvardita., dan Adnan, M Fachri. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipePicture and Pictureterhadap Partisipasi danHasil Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu. Vol. 5 No. 5.

Hadi Nugroho, F., & Romadhon, S. (2022). Minat Peserta Didik MTsN 3 Banyuwangi dalam Gim Blooket pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(2), 153–162. https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.299.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahapeserta didikaan, 1(1), 1-13.

Hasja, Nurul, F.B., Rahman, Sukmawanty., dan Hamka, L. 2023. Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta didik dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Collaborative Learning. Jurnal: Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 5, No. 3.

Hikmah, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar peserta didik. Jurnal teknodik, 27-38.

Isjayanti, M. D., & Ismaya, E. A. (2023). Hasil Belajar Ipas Menggunakan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Roda Putar Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd N Pati Wetan 03. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1612-1620.

Islamiati, A.S. 2017. Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Melalui Pembelajaran Secara Tematik Integratif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismah, Z., & Ernawati, T. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VIII SMP Ditinjau dari Kerjasama Peserta didik. Jurnal: Pijar MIPA. Vol. 13, No. 1.

Magfirah, A. D., Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan model teams games tournament berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4936-4948

Nisa, K., Nurul, W., & Nasution, A. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta didik Melalui Perlombaan Debat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–22.

Novidianti, N., Rizal, F., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya dan motivasi terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 76-84.

Nugroho, F.H., & Romadhon, S. 2022. Minat Peserta Didik Mtsn 3 Banyuwangi Dalam Gim Blooket Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 10, No 2.

Nur’aeni, N., & Hasanudin, E. H. I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Berbasis Media Digital Blooket untuk Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 259-273.

Nurhayati, N., Egok, A. S., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Saadjad, D.Y. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta didik MTS Negeri 1 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 5, No. 1.

Saputra., dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta didik dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 19 Padang. Jurnal: Pakar Pendidikan. Vol. 17 No.1.

Sari, Lia Purnama. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Materi Kalor SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal PhysEdu Pendidikan Fisika IPTS, Vol. 5, No.3.

Sari, Nabila Wirda., dan Febriani, Eka Asih. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) terhadapa Partisipasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI SMAN 1 Baso. Jurnal: Naradidik: Journal of Education & Pedagogy. Vol. 3, No.4.

Sukardi, & Handayani, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi). Mataram: CV

Sukardi, S. (2017). Efektivitas model prakarya dan kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif berdimensi industri keunggulan lokal terhadap keinovatifan peserta didik. Cakrawala Pendidikan, (2), 96061.

Sumarjono. 2020. Peningkatan Partispasi Belajar Peserta didik Kelas X SMAN 1 Balai Riam Menggunakan Model Number Head Together pada Pembelajaran Sosiologi. Jurnal: Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 7, No. 1.

Suryanda, I., Sukardi, S., Nursaptini, N., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1745-1752.

Tansuri, A., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Kolaborasi Model OLO (Olympiad-Oriented) Task dengan Media YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551-558.

Thu, T. T. M., & Dan, T. C. (2023). Students’ Perceptions on English Vocabulary Teaching and Learning By Using Blooket. European Journal of Applied Linguistics Studies, 6(1), 45–98.

Utami, L., Ilahi, D. P., & Ratih, A. (2024). Analisis Indeks Aiken untuk mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of Research and Education

Wadi, H., Sukardi, S., Malik, I., & Nida, H. (2025). Analisis Kolaborasi Siswa Penerapan Talking Stick Model Pemanfaatan Brosur Materi Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 810-816.

Wardanis, Eva. 2016. Peningkatan Partisipasi Belajar Peserta didik Kelas VIPada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Guided Teaching Di SDN 17 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal: Konseling dan Pendidikan. Vol. 4 No. 2.

Wikanti, W. A., Liana, D. D., Alifa, A. N., & Haryono, H. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif TGT Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pamarayan. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 1043-1052.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). 17-23

Zulfikar, M.L., dan Budiana, D. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta didik. Jurnal: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. Vol. 2 No.

Author Biographies

Nuril Hafiza, Universitas Mataram

Sukardi, Universitas Mataram

Jepri Utomo, Universitas Mataram

Novi Suryanti, Universitas Mataram

Sanikurniati, SMAN 9 Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Hafiza, N., Sukardi, S., Utomo, J., Suryanti, N. M. N., & Sanikurniati, B. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Blooket Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 7(3), 950–955. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.11808