Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Berbantuan Media Poster Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11810Published:
2025-07-18Downloads
Abstract
Rendahnya partisipasi belajar di kelas yang mengakibatkan peserta didik kurang terlibat dalam diskusi kelompok maupun kurangnya pemahaman tentang materi yang diajarkan, padahal partisipasi belajar merupakan suatu parameter dalam pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk berbantuan media poster terhadap partisipasi belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, disain eksperimen yang digunakan yaitu posttest only with non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas XI IPS di SMAN 3 Mataram, sedangkan sampel dipilih dua kelas dari populasi tersebut menggunakan teknik simple random sampling dengan mengundi populasi, sehingga dipilih kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol setelah dilakukan penyepadanan pada jumlah peserta didk, hasil belajar, guru, materi dan waktu belajar. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya sehingga layak untuk digunakan dalam pengambilan data. Analisis data dilakukan melalui uji persyaratan analisis kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis berupa tes parametrik melalui uji T two independent sample. penelitian ini memperoleh hasil bahwa mean nilai yang didapatkan kelas eksperimen (81) lebih besar dari mean nilai kelas kontrol (76.3) serta nilai p-value yang didapatkan 0.005<0.05 sehingga model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk berbantuan media poster berpengaruh terhadap partisipasi belajar peserta didik, namun keterbatasan dalam penelitian ini pada persiapan yang dibutuhkan dalam membuat gallery walk sehingga dibutuhkan skema pembelajaran yang baik.
Keywords:
Gallery Walk, Poster, Partisipasi Beajar, SosiologiReferences
Aini, N. (2024). Pengaruh Media Poster Digital Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 09 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 105–113.
Almagfirah, N., Ladong, H., & Thalib Anisa. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Gallery Walk dalam Peningkatan Hasil Belajar Biologi (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 14 Makassar). JP-3 Jurnal Pemikiran & Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1193–1198.
Ashari, S. N., Amirullah, & Ishaq. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 11 Maros. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 728–734.
Barokah, F., & Mulyani, D. (2021). Analisis Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Garut. Journal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–20.
Bate’e, M. Y., & Lahagu, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Gunungsitoli T.A 2022/2023. JURNAL Edueco, 6(2), 217–227.
Elshinta, A. D., & Rohmah, S. S. (2017). Gallery Walk Strategy in Classroom : Pathway to Improve EFL Students’ Reading Achievement. Journal of English Language Education and Literature, 2(2), 95–104.
Erlina, A., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran FGD (Focus Group Discussion) Berbantuan Poster Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2428–2435. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2834
Goodhand, J., Giles, C., Wahed, M., Irving, P., Langmead, L., & Rampton, D. (2011). Poster presentations at medical conferences: an effective way of disseminating research? Clinical Medicine, 11(2), 138–141. https://doi.org/10.7861/clinmedicine.11-2-138
Gundogan, B., Koshy, K., Kurar, L., & Whitehurst, K. (2016). How to make an academic poster. Annals of Medicine & Surgery, 11, 69–71. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2016.09.001
Hadi, J., Sukardi, S., & Nursaptini, N. (2023). The Effect of the Poster-Assisted AIR (Auditory Intellectually Repetition) Model on Sociology Learning Outcomes. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(3), 596. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i3.8148
Indahwati, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Matematika dengan Metode Pameran Berjalan Bagi Peserta Didik Kelas VIII. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 518–527.
Izzati, H., Sukardi, S. & Masyhuri. (2023). Implementasi Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 271-276. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3460
Manik, Y. M., & Bangun, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Perbaungan. EQUILIBRIUM, 7(2), 125–136.
Mansur, S. I., Amirullah, & Nurhaedah. (2023). Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peminatan Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Enrekang. JP-3 Jurnal Pemikiran & Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 748–753.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Midoni, Husen, A., Sugiyanti, Octaviani, Wenayunita, Irhamni, & Bustoni, D. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Belajar Al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI IPA 1 SMA. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 264–268. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.147
Muamar, M. R., Rahmawati, & Irnawati. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadu Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. JESBIO: Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 6(1).
Natania, R. B. N., Yohana, M., & Anita, T. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Waibakul. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 239–243. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.713
Nurhijjah, S., Insani, N., Sahrina, A., & Wirahayu, Y. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 12(01), 109–119. https://doi.org/10.23887/jjpg.v12i01.67891
Petruţa, G.-P. (2013). Teacher’s Opinion on the use of Interactive Methods/Techniques in Lessons. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 649–653. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.180
Rahmiah., Suryanti, N. M. N., Nursaptini, N., Sukardi, S., & Rahmawati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 859-864. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9622
Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner . NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108
Safitri, J., Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V pada Materi Makanan Sehat di SD Negeri 09 Danau Peradah. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 504–509. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.307
Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.226
Suhaini, Muflihun, Z., & Salman. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X (Sepuluh) di SMA Negeri 3 Mandau. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 28–42.
Sukardi, & Handayani, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi). CV. Adanu Abimata.
Sukardi, S. (2016). Desain Model Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8381
Sukardi, S. (2017). Efektivitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal terhadap Keinovatifan Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12335
Sukardi, S., Ismail, M., & Novi Suryanti, N. M. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah Pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2384
Suseno, V. V., & Winarto, A. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem-Based Learning dengan Gallery Walk pada Peserta Didik Kelas VI B di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 8453–8461.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1).
Taatillah, W., & Bali, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model TSTS dengan Metode Gallery Walk SMPN Onto No 8. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 23–28.
Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1). https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384
Wadi, H., Hamidsyukrie, Sukardi, Ni, M. N. S., Nurlaily, H., & Masyhuri. (2020). Pendampingan Inovasi Pembelajaran IPS Hots Pola Lesson Study For Learning Community di SMP 14 Mataram. Prosiding Pepadu, 179–187.
Wadi, H., Sukardi, S., Malik, I., & Nida, H. (2025). Analisis Kolaborasi Siswa Penerapan Talking Stick Model Pemanfaatan Brosur Materi Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 810–816. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3195
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Wirjana, I. M. A. Y., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan Teaching At The Right Level (TARL) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA. Widyadari, 24(2), 263–275. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3190
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.752
License
Copyright (c) 2025 Hibatul Azizi, Sukardi Sukardi, Hairil Wadi, Ni Made Novi Suryanti, Fitriah Fitriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


