Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025
Open Access
Peer Reviewed

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Siswa

Authors

Khofifatunzahrah , Sukardi , Hairil Wadi , Ni Made Novi Suryanti , Zakaria

DOI:

10.29303/jcar.v7i3.11815

Published:

2025-07-18

Downloads

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna ingin menilik pengaruh model pembelajaran cooperative tipe teams games tournament terhadap keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media Wordwall. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperiment, khususnya posttest only control group design. Data dijaring melalui lembar observasi yang diisi oleh dua orang pengamat. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Praya Barat menerapkan ditetapkan sampel melaui simple random sampling, dimana kelas XI B1 ditetapkan kelas eksperimen dan kelas XI B2 ditetapkan kelas kontrol. Hasil analisis yang ditujunkkan setelah perlakuan diberilakukan, tingkat keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Ditunjukan pada keaktifan belajar siswa meningkat 60% pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran cooperative tipe team games tournament yang didukung oleh media Wordwall. Oleh karena itu, dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative efektif berpengaruh pada keaktifan belajar siswa pada proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi pilihan yang diterpakan pada pembelajaran di kelas

Keywords:

Keaktifan Belajar, Cooperative, Teams Games Tournament, Wordwall, Siswa

References

Adoe, D. P., Dibia, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V sd. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Antasari, NK, Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman , 5 (1).

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dewi, P. D. K. P., & Putu, J. I. D. (2023). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pembelajaranbiologi kelas 11 dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 121-133.

Fadilah, N., AR, M. M., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 56-66.

Fauqannuri, I. R. (2022). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Mata PembelajaranPendidikan Agama Islam Di Smpn 2 Panji Situbondo Tahun Pembelajaran2021/2022. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145-153.

Grounlund, N.E. & Waugh, C.K. 2009. Assessment of Student Achievement (9th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis penggunaan media interaktif Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 466-473.

Hawari, A. Z., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbantuan Media Padlet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2051-2066.

Hidayat, U. S. (2016). Model-model pembelajaran efektif. Bina Mulia Publishing.

Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media game digital SD/MI berbasis karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.

Khairna, VP, Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based LearningBerbantuan Media Vlog Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7 (2), 157-167.

Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Hyflex Learning berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225-235.

Magfirah, A. D., Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan model teams games tournament berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4936-4948.

Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85-92.

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66.

Noviana, M., & Komariah, S. (2022). Project Based Learning (PjBL) Model Integration of Sasak Ethnic Nenun Local Wisdom in Sociology Subjects. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 14 (2), 11-26. Doi: 10.24114/jupiis.v14i2.34796

Noviana, M., Sukardi, S., & Suryanti, N. M. N. (2020). Learning process during Covid-19 pandemic from various variables in senior high school. SAR J, 3, 160-165.

Nubhan, A., Sukardi, S., & Nursaptini, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Edmono Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan:Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7 (2), 147-156.

Oktalivia, R., Alfiriani, A., & Irsyadunas, I. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata PembelajaranInformatika Kelas X Di SMK Teknologi Plus Padang. PeTeKa, 8(1), 216-221.

Panjaitan, R. A., & Manurung, R. C. M. (2025). Pengenalan Budaya Sumatera Utara (Ulos Batak Toba) Melalui Media Pembelajaran Edugame Berbasis Wordwall sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 122-132.

Prasetyo, R. B., & Meiliasari, M. (2025). Analisis Literatur Tentang Media Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Matematika. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 74-86.

Rahmadanti, A., & Efendi, I. (2024). Efektivitas media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaranmatematika di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117-125

Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9.

Santoso, H. (2024). Efektifitas Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kooperatif Strategi dan Implementasinya.

Saputra, A. R., & Rahmat, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dengan Model Pembelajaran EXO OLO TASK.Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa,1(1), 61-80

Sari, K. F. (2024). Penerapan Media Wordwall dan Metode Role Playing untuk Meningkatakan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas XI 4 SMA N 1 Boyolali TA 2023/2024.

Sholichah, N. F., & Munshif, F. A. (2023, June). Wordwall Tournament: Inovasi Model Pembelajaran Team Games Tournament pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1, pp. 524-529).

Suasti, Y., Wijayanto, B., & Novio, R. (2019, June). EXO OLO Task: the development of higher order thinking skills through learning activities management in geography learning. InIOP Conference Series: Earth and Environmental Science(Vol. 286, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Sukardi, & Handayani, N. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi). Mataram: CV.

Sukardi, S. (2016). Desain Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1). Doi: 10.21831/cp.v1i1.8381

Sukardi, S. (2023). Analisis Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa Menggunakan ServQual: Ke Arah Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Journal of Classroom Action Research, 5(1).

Sukardi, S., Astini, B. N., & Nursaptini, N. (2023). Students’ Innovativeness in Developing Business: An Empirical Study of Kolb’s Experiential Learning on Entrepreneurship Course. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 9(1), 24-39.

Sukardi. S., Mahyuni. M., & Wardana, L. A. (2022). The Conformity of Kolb’s Experiential Learning Implementation in Indonesia University’s Entrepreneurial Learning. Eurasian Journal of Educational Research, 99(99), 62-80.

Sukardi. S., Wildan., & Subhani, A. (2022). Entrepreneurial Process of Vocational High School Students: An Evaluation of Compliance to Measure Opportunities. Proseding 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (ACCESS 2021)-Atlantiss Press.

Suryani, E., & Kusmiyati, K. (2025). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XB MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 666-671.

Suryanti, N. M. N., Nursaptini, N., Sukardi, S., & Rahmawati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PembelajaranSosiologi. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 859-864.

Suyitno, H. (2021). Upaya Dosen dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan VI Prodi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, 111.

Tansuri, A., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Kolaborasi Model OLO (Olympiad-Oriented) Task dengan Media YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551-558.

Tirmizi, A., Rokhmat, J., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap keinovatifan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lombok Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4).

Usman, A. T., Munawaroh, N., Prahmana, P., & Saifullah, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata PembelajaranSejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2143-2160

Utari, D. S. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajarankooperatif Tipeteam Accelerated Instruction (Tai) Pada Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 2 GodeaN (Doctoral Dissertation, Universitas PGRI Yogyakarta).

Wadi, H., Suryanti, N. M. N., Sukardi, S., & Sutisna, D. (2021). Inovasi Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach Bagi Guru-Guru Ips Di Sma 1 Lingsar Lombok Barat. Prosiding PEPADU, 3, 385-394.

Wadi, H., Suryanti, N. M. N., Sukardi, S., Malik, I., Aini, N., & Jannah, R. (2023). Pendampingan Penyusunan Rancangan Pembelajaran Ips Active Learning Model Berbasis Scientific Approach Bagi Guru-Guru Smp-Mts Sekecamatan Lingsar Lombok Barat. Jurnal Pepadu, 4(1), 44-48.

Warsono. (2016). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215-222.

Zahroh, V. D., Sundari, K., Azizah, P., Nurahma, H., Lestari, A., Widad, F. H., ... & Sulistio, I. (2025). Pengaruh media wordwall terhadap motivasi belajar siswa. Joyful Learning Journal, 14(1), 157-162

Author Biography

Khofifatunzahrah, universitas mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Khofifatunzahrah, Sukardi, Hairil Wadi, Ni Made Novi Suryanti, & Zakaria. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 7(3), 964–971. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.11815