Korelasi antara Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Hasil Pembentukan Karakter Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11852Published:
2025-07-22Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi kurikulum merdeka belajar dengan hasil pembentukan karakter siswa di SMA Negeri se Kota Mataram. Krisis karakter siswa di Indonesia, terutama pasca-pandemi menjadi alasan penting untuk mengevaluasi efektivitas kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner skala likert yang dimodifikasi menjadi 1-4 dan disebar melalui google form dan sebagain sekolah menggunakan lembaran atau mengisi secara manual. Populasi penelitian ini berjumlah 10.987 siswa dengan sampel yang dimbil menggunakan rumus slovin sampel yang didapat berjumlah 389 siswa dan pengambilan sampel setiap sekolah menggunakan proporsional sampel. Slovin digunakan untuk menentukan ukuran sampel dari populasi yang cukup besar. Uji instrumen telah dilakukan pada 35 siswa, pengujian validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sig. 5%. Uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Hasil uji hipotesis analisis korelasi menyatakan adanya hubungan yang positif, yaitu nilai sig 0,002 > 0,5 dan nilai korelasi produk moment 0,156 dengan tingkat kepercayaan 95%, sehingga dikatakan terdapat korelasi atau hubungan antara variabel implementasi kurikulum merdeka belajar dengan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini tidak mengontrol faktor eksternal seperti pengaruh keluarga dan lingkungan sosial.
Keywords:
Implementasi Kurikullum Merdeka, P5, Karakter SiswaReferences
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.
Andini, A., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2024). Merdeka Belajar: Pengaruh Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Sikap Mandiri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 584-591. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8405
Asra, A. (2022). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257.
Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357-6366.
Harwisaputra, A. F., Safitri, A. N. E., Utami, A. W., Sudarsih, A., & Ngadhimah, M. (2023). Strategi penerapan kurikulum merdeka di sman 2 ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 149-164. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.206
Hernawan, A. H., Mulyati, T., & Angga. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1290-1299. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6107
Hidayati, V. R., Jufri, A. W. Amrullah., & Sukardi. (2024). Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Numerasi di SDN 14 Cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 15-21. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.141
Hidayati, V. R., Jufri, A. W., Sukardi, S., & Amrullah, A. (2023). Pelatihan Pembimbingan Plp/Am Untuk Penguatan Pembelajaran Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2699-2705. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19672
Ikhsani, N. M. I., & Alfiansyah, I. A. (2023). Persepsi guru terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1597-1608. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7132
Irianti, I., & Tahir, I. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Somba Opu. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 75-81.
Ismail, M & Sukardi. (2008). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Mataram: Jurusan Pendidikan Ips Fkip Universitas Mataram.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Khansa, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 158-179. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018, March). Peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD (Vol. 1, No. 1, pp. 299-310).
Manurung, R. T. (2012). Pendidikan Antikorupksi Sebagai Satuan Pembelajaran Berkarakter Dan Humanistik. Jurnal Sosioteknologi Edisi 27 Tahun 11, Desember 2012.
Murtadlo, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Harmoni, Memajukan Negeri.
Muzharifah, A., Ma’alina, I., Istianah, P., & Lutfiah, Y. N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 161-184. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.306
Nabila, N. I., Utami, D. A., Azzahra, S. N., Afriza, R., Sidqi, A. R., Afifah, H., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4283-4297.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2018). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52-56.
Nurhidaya, N., Lundeto, A., & Luma, M. (2021). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 56-67.
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka tehadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), 341-346.
Pangkey, R. D., & Merentek, R. M. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 968-978.
Purtina, A., Zannah, F., & Syarif, A. (2024). Inovasi pendidikan melalui P5: Menguatkan karakter siswa dalam Kurikulum Merdeka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7947
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., ... & Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen pembelajaran proyek pada implementasi kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159-3168.
Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan kurikulum merdeka belajar kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138.
Septiani, A., Novaliyoso., & Nindiasari, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211
Septiany, S. Darmayanti, M. Hendriani, A. (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa di Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(2), 170-189. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.31740
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520-526.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 4045-4052.
Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis problematika implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4625-4640. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9191
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13-28.
Taqwim, A., & Huda, S. A. A. (2024). Korelasi Antara Kurikulum Merdeka dan Keberanian Menyampaikan Gagasan Ide dalam Mendukung Pengembangan Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Education Research, 5(3), 2587-2594.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.
Yati, R. (2021). Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter pada Siswa dalam Perspektif Psikologi Pendidikan.
Yufani, D. E., Riwanto, M. A., & Umayah, U. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Kualitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 68-72).
License
Copyright (c) 2025 Ridho Zulvia, Sukardi, Jepri Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


