Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.11940Published:
2025-07-21Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya hubungan signifikan antara kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory yang melibatkan 24 siswa kelas VIII di salah satu SMP swasta di kota Mataram tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan pedoman wawancara. Instrumen tes terdiri dari dua soal uraian pada tes kemampuan awal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan nilai coefficient correlation sebesar ρ = 0,719 dengan signifikansi sig. (2-tailed) < 0,001 (α = 0,05), menunjukkan adanya hubungan positif, kuat dan signifikan antara kemampuan awal dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis kualitatif memperkuat temuan kuantitatif bahwa siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah konsisten memperoleh skor pemecahan masalah sesuai kategori kemampuan awalnya. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal sedang cenderung memperoleh skor pemecahan masalah sedang. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan awal matematis merupakan prediktor yang signifikan dalam menentukan keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah matematis, sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih optimal.
Keywords:
Pengetahuan Awal, Kemampuan pemecahan masalah, Strategi PembelajaranReferences
Agustina, T. R., Subarinah, S., Hikmah, N., & Amrullah. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Soal Open Ended Materi Lingkaran berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education and Application, 1, 434–435.
Ambrose, S. A., Bridges, M. W., Dipietro, M., Lovett, M. C., & Norman, M. K. (2010). How Learning Works, 7 Reseach Based Principles for Smart Teaching. San Francisco: Jossey Bass Publisher.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies.
Baidowi, Wahidaturrahmi, Kertiyani, N. M. I., & Wulandari, N. P. (2024). Statistika Dasar, Teori dan Praktik. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Butterworth, J., & Thwaites, G. (2013). Thinking Skills, Critical Thinking and Problem Solving. New York: Cambridge University Press.
Courant, R., & Robbins, H. (1996). What Is Mathematics? an Elementary Approach to Idea and Methods. New York: Oxford University Press.
Creswell, J., & David, C. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.
Dochy, F. (1988). The Prior Knowledge State of Students and its Facilitating Effect on Learning: Theories and Research. Heerlen Netherlands: Centre for Educational Technological Innovation.
Hiebert, J., Carpenter, T., & Fuson, K. (1997). Making Sense, Teaching and Learning Mathematics with Understanding. Portsmounth: University of Wisconsin Foundation.
Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis Data Kuantitatif, Uji Istrumen, Uji Asumsi Klasik, Korelasi, dan Regresi Lenier Berganda. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Jonassen, D. (2011). Learning to Solve Problems, A Handbook for Designing Problem Solving Learning Environments. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbudristek. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khairunisa, M. B., Subarinah, S., Junaidi, & Sridana, N. (2024). Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Siswa Kelas XII SMAN 4 Praya Tahun Ajaran 2024/2025 ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4, 571–572.
Machali, I. (2021). Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Sukapress Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nafisah, K., Turmuzi, M., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 722–723.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics.
Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5, 18–19.
Permatasari, Z., Sridana, N., Amrullah, & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Tingkat Adversity Quotient (AQ). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 438–440.
Polya, G. (1988). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Zurich: Princeton University Press.
Rach, S., & Ufer, S. (2020). Which Prior Mathematical Knowledge Is Necessary for Study Success in the University Study Entrance Phase? Results on a New Model of Knowledge Levels Based on a Reanalysis of Data from Existing Studies. International Journal of Research in Undergraduate Mathematics Education, 6, 395–396.
Rubini, B., & Sunaryo, W. (2016). Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan yang Efektif (Effective Problem Solving and Decision Making). Bogor: Paspa Press.
Samani, M., Nurlaela, L., Astoeti, S. P., Widodo, W., & Inzanah. (2016). Berpikir Tingkat Tinggi Problem Solving. Surabaya: Sarbikita Publishing.
Sternberg, R. J. (2003). The Psychology of Problem Solving. New York: Cambridge University Press.
Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. In COGNITIVE SCIENCE. Sydney: University of South Wales.
Wahyudiati, D. (2020). Dasar-Dasar Kependidikan MIPA. Mataram: Pustaka Lombok.
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Hendi, Syahrul Azmi, Ni Made Intan Kertiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


