Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025
Open Access
Peer Reviewed

Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Permainan Tradisional untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II SDN 40 Cakranegara

Authors

Ajriati Hajriani Sukrin , Syaiful Musaddat , Hasnawati

DOI:

10.29303/jcar.v7i3.12075

Published:

2025-07-22

Downloads

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar, khususnya pada jenjang kelas 2. Pada usia ini, siswa sedang berada dalam tahap perkembangan literasi awal, yang memerlukan pendekatan yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar berbasis permainan tradisional untuk pembelajaran membaca siswa kelas II SDN 40 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang meliputi sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi dua ahli (ahli media dan ahli materi), satu guru kelas II, serta siswa kelas II dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase kevalidan sebesar 95%, dan validasi ahli materi sebesar 93%, keduanya berada pada kategori "sangat valid". Respon guru terhadap kepraktisan media memperoleh nilai sebesar 92%, sedangkan hasil uji coba kelompok kecil pada 10 peserta didik dan uji coba kelompok besar pada 15 peserta didik masing-masing memperoleh rata-rata persentase 90% dan 91%, yang termasuk dalam kategori "sangat praktis". Berdasarkan tujuan dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar berbasis permainan tradisional untuk pembelajaran membaca siswa kelas II dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords:

Pengembangan Media, Buku Cerita Bergambar, Permainan Tradisional, Membaca, Sekolah Dasar

References

Amelia, R., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan media buku cerita bergambar interaktif untuk siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 134-142.

Amin, M., & Saepudin, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa SD. Jurnal Pendidikan, 21(1), 25–36.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fikri, H., & Madona, D. (2018). Media pembelajaran berbasis karakteristik peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(2), 88–95.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Handayani, D., Maulidina, N., & Rahayu, S. (2018). Validasi dalam pengembangan media pembelajaran: Konsep dan praktik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 14–23.

Hermanto, A., Setiawan, D., & Fatimah, S. (2016). Pengembangan media berbasis potensi lokal dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Lokal, 8(2), 120–128.

Hidayat, R., & Pratiwi, I. N. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 329-335.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153-1160.

Hu, J. (2020). Traditional Games in Early Childhood Education. Springer.

Maulidina, N., Handayani, D., & Wibowo, A. (2018). Tahapan pengembangan media pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(3), 44–53.

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Nasution, A., & Oktaviani, T. (2020). Perancangan media pembelajaran berbasis visual dan audio. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 67–74.

Ngura, P. (2020). Dampak buku cerita bergambar terhadap perkembangan literasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 100–112.

Novia, R., Handayani, R., & Susanto, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan Dasar FIP UNP, 6(1), 1-8.

Pangestu, D. Y., Wibowo, A., & Kusuma, H. (2019). Validasi produk dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 155–163.

Siti Istiningsih, T., Jono, J., & Rahayu, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 60-70.

Sudaryanti, S., Wijayanti, N., & Kurniawan, R. (2019). Integrasi kearifan lokal dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kultural, 5(1), 33–41.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Suparman, S., Darusman, D., & Sunarto, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 167-175

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

UNESCO. (2019). Integrating Local Culture in Literacy Programs.

Author Biographies

Ajriati Hajriani Sukrin, Universitas Mataram

Syaiful Musaddat, Universitas Mataram

Hasnawati, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Sukrin, A. H., Musaddat, S., & Hasnawati. (2025). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Permainan Tradisional untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II SDN 40 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 7(3), 1021–1028. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.12075