Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025
Open Access
Peer Reviewed

Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Literasi Sains Biologi kelas X SMA Negeri 1 Sekotong Lombok Barat

Authors

Yunia Rizkiana Hasanah , Agil Al Idrus , Anindita SHM Kusuma

DOI:

10.29303/jcar.v7i3.12188

Published:

2025-07-24

Downloads

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh model Case Based Learning (CBL) terhadap literasi sains biologi siswa kelas x SMA Negeri 1 sekotong Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-D dan kelas X-B SMAN 1 Sekotong. Literasi sains biologi diukur menggunakan instrumen soal Tes/essay sebanyak 5 soal berdasarkan indikator literasi sains. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis kovarian dengan uji  asumsi klasik yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa terdapat pengaruh model CBL terhadap literasi sains biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekotong dengan nilai signifikansi  sebesar  0,003 <  taraf signifikansi  0,05.  Nilai  rata-rata  terkoreksi  kelas eksperimen  adalah  67,431  lebih  besar  dari  kelas  kontrol  yakni  64,846. Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 49% daripada kelas kontrol sebesar 47%.

Keywords:

Literasi Sains Biologi, Case Based Learning, Sekolah Menengah Atas

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Arasti, I., Yulinda, R., & Khairunnisa, Y. (2024). Pengaruh Implementasi Srategi Case Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Eduproxima (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 6(4), 1513-1523.

Arianto, H., & Fauziyah, H. N. (2020a). Students’ Response To the Implementation of Case Based Learning (Cbl) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320 26332.

Bansal, M., & Goyal, M. (2017). To introduce and measure the effectiveness of case based learning in physiology. International Journal of Research in Medical Sciences, 5(2), 437–445

Dayu, D. P.K. S. P. M. P., Vivi Rulviana, S. P. M. P., & Rissa Prima Kurniawati, S. P. M. P. (2022). Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka. CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?id=1tuiEAAAQBAJ

Fai’izah, M., & Wulandari, R. (2023). The Effect of CaseBased Learning on Students’ Science Literacy: PretestPosttest Study.

Giacalone, D. (2016). Enhancing student learning with case-based teaching. Journal of College Science Teaching, 45(6), 60–66.

Harahap, E. P., & Yusra, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika Di Forum Kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 26-34.

Hakim, A. R., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Bahan ajar biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 482-487. Doi: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2127

Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-nilai islami untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103-109.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.

Kusuma, A. S. H. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Kusuma, A. S., & Busyairi, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Perkuliahan Pendidikan IPA SD. Journal of Classroom Research, 5(SpecialIssue), 88-97.

Lestari, A., & Prasetyo, Z.K. (2023). Penerapan model Case Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonsia, 11(2), 104-112. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.26378

Lestari, D., Yuliani, S., & Pratiwi, I. (2021). Penerapan Case Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 325–335.

Musyaffa, A., & Asiah, S. (2022). Increasing Higher Order Thinking Skills of Elementary School Students Through Video in Environmental Pollution Case. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2701

Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh Siklus Belajar 5E terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 178–188.

Nurmalasari, M., & Saputro, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran CBL terhadap keterampilan interpretasi data dan penguasaan konsep biologi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 180–189.

Patil, S. S., & Dharwadkar, N. V. (2020). Improving students engagement through active learning strategies: Case study based active review sessions and skillathon. Journal of Engineering Education Transformations, https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i0/150186

Putri, A. A., & Santosa, Y. E. (2020). Development of EModule Based on CaseBased Learning for Early Childhood Literacy in the Digital Era. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 24–33. DOI: 10.17977/um066v1i12021p2433

Sari, N. P., & Astuti, R. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 45–52.

Sari, N. A., & Pratama, R. A. (2022). Penerapan model case-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/jpbio.111.06

Senisum, M. (2021). Keterampilan proses sains siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(1), 76-89.

Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 140-145).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.

Tayce, J. D., Saunders, A. B., Keefe, L., & Korich, J. (2021). The creation of a collaborative, case based learning experience in a large-enrollment classroom. Journal of Veterinary Medical Education, 48(1). https://doi.org/10.3138/JVME.2019-0001

Wahyuni, S., Halim, A., Evendi, E., Syukri, M., & Herliana, F. (2021). Development of Student Worksheets Based on Investigative Science Learning Environment (ISLE) Approach to Improve Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(Special Issue), 39–45. DOI: 10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.903

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Journal Health of Studies, 4(1), 30–37

Yantiningsih, I.W. Suastra, & D.B. Sanjaya. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sd. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.531

Yuliani, S., Nugroho, B. S., & Wibowo, S. B. (2023). Literasi Sains dan Implikasinya dalam Pembelajaran Biologi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 11(2), 221–230.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Zhu, X., Xiong, Z., Zheng, T., Li, L., Zhang, L., & Yang, F. (2021). Case-based learning combined with science, technology, engineering and math (STEM) education concept to improve clinical thinking of undergraduate nursing students: A randomized experiment. Nursing Open, 8(1). https://doi.org/10.1002/nop2.642

Author Biographies

Yunia Rizkiana Hasanah, Universitas Mataram

Agil Al Idrus, Universitas Mataram

Anindita SHM Kusuma, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Hasanah, Y. R., Idrus, A. A., & Kusuma, A. S. (2025). Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Literasi Sains Biologi kelas X SMA Negeri 1 Sekotong Lombok Barat. Journal of Classroom Action Research, 7(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.12188