Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Literasi Sains Biologi kelas X SMA Negeri 1 Sekotong Lombok Barat
DOI:
10.29303/jcar.v7i3.12188Published:
2025-07-24Downloads
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh model Case Based Learning (CBL) terhadap literasi sains biologi siswa kelas x SMA Negeri 1 sekotong Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-D dan kelas X-B SMAN 1 Sekotong. Literasi sains biologi diukur menggunakan instrumen soal Tes/essay sebanyak 5 soal berdasarkan indikator literasi sains. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis kovarian dengan uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model CBL terhadap literasi sains biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekotong dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata terkoreksi kelas eksperimen adalah 67,431 lebih besar dari kelas kontrol yakni 64,846. Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 49% daripada kelas kontrol sebesar 47%.
Keywords:
Literasi Sains Biologi, Case Based Learning, Sekolah Menengah AtasReferences
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Arasti, I., Yulinda, R., & Khairunnisa, Y. (2024). Pengaruh Implementasi Srategi Case Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Eduproxima (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 6(4), 1513-1523.
Arianto, H., & Fauziyah, H. N. (2020a). Students’ Response To the Implementation of Case Based Learning (Cbl) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058
Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320 26332.
Bansal, M., & Goyal, M. (2017). To introduce and measure the effectiveness of case based learning in physiology. International Journal of Research in Medical Sciences, 5(2), 437–445
Dayu, D. P.K. S. P. M. P., Vivi Rulviana, S. P. M. P., & Rissa Prima Kurniawati, S. P. M. P. (2022). Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka. CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?id=1tuiEAAAQBAJ
Fai’izah, M., & Wulandari, R. (2023). The Effect of CaseBased Learning on Students’ Science Literacy: PretestPosttest Study.
Giacalone, D. (2016). Enhancing student learning with case-based teaching. Journal of College Science Teaching, 45(6), 60–66.
Harahap, E. P., & Yusra, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika Di Forum Kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 26-34.
Hakim, A. R., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Bahan ajar biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 482-487. Doi: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2127
Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-nilai islami untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103-109.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.
Kusuma, A. S. H. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Kusuma, A. S., & Busyairi, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Perkuliahan Pendidikan IPA SD. Journal of Classroom Research, 5(SpecialIssue), 88-97.
Lestari, A., & Prasetyo, Z.K. (2023). Penerapan model Case Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonsia, 11(2), 104-112. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.26378
Lestari, D., Yuliani, S., & Pratiwi, I. (2021). Penerapan Case Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 325–335.
Musyaffa, A., & Asiah, S. (2022). Increasing Higher Order Thinking Skills of Elementary School Students Through Video in Environmental Pollution Case. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2701
Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh Siklus Belajar 5E terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 178–188.
Nurmalasari, M., & Saputro, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran CBL terhadap keterampilan interpretasi data dan penguasaan konsep biologi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 180–189.
Patil, S. S., & Dharwadkar, N. V. (2020). Improving students engagement through active learning strategies: Case study based active review sessions and skillathon. Journal of Engineering Education Transformations, https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i0/150186
Putri, A. A., & Santosa, Y. E. (2020). Development of EModule Based on CaseBased Learning for Early Childhood Literacy in the Digital Era. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 24–33. DOI: 10.17977/um066v1i12021p2433
Sari, N. P., & Astuti, R. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 45–52.
Sari, N. A., & Pratama, R. A. (2022). Penerapan model case-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/jpbio.111.06
Senisum, M. (2021). Keterampilan proses sains siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(1), 76-89.
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 140-145).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.
Tayce, J. D., Saunders, A. B., Keefe, L., & Korich, J. (2021). The creation of a collaborative, case based learning experience in a large-enrollment classroom. Journal of Veterinary Medical Education, 48(1). https://doi.org/10.3138/JVME.2019-0001
Wahyuni, S., Halim, A., Evendi, E., Syukri, M., & Herliana, F. (2021). Development of Student Worksheets Based on Investigative Science Learning Environment (ISLE) Approach to Improve Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(Special Issue), 39–45. DOI: 10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.903
Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Journal Health of Studies, 4(1), 30–37
Yantiningsih, I.W. Suastra, & D.B. Sanjaya. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sd. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.531
Yuliani, S., Nugroho, B. S., & Wibowo, S. B. (2023). Literasi Sains dan Implikasinya dalam Pembelajaran Biologi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 11(2), 221–230.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.
Zhu, X., Xiong, Z., Zheng, T., Li, L., Zhang, L., & Yang, F. (2021). Case-based learning combined with science, technology, engineering and math (STEM) education concept to improve clinical thinking of undergraduate nursing students: A randomized experiment. Nursing Open, 8(1). https://doi.org/10.1002/nop2.642
License
Copyright (c) 2025 Yunia Rizkiana Hasanah, Agil Al Idrus, Anindita SHM Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


