Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Kecerdasan Linguistik Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v4i1.1404Published:
2022-02-25Issue:
Vol. 4 No. 1 (2022): FebruaryKeywords:
Reading habits, Linguistic intelligence, SDN 3 DarekArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kebiasaan membaca siswa di sekolah dasar merupakan kunci utama untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Perkembangan teknologi tentu harus berbanding lurus dengan perkembangan kemampuan siswa dalam memahami sebuah makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan membaca dengan kecerdasan linguistik siswa kelas IV di SDN 3 Darek tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dogunakan yaitu pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lenbar angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan maka dapat dilihat berikut ini : (1) hasil analisis deskriptif variabel kebiasaan membaca dengan persentase 66% sehingga dikategorikan sedang; (2) Selanjutnya kecerdasan linguistik dengan persentase 50% dan masuk dalam kategori sedang; (3) Hasil uji hipotesis bahwa rhitung sebesar 1,258. Sedangkan rtabel sebesar 0,576 dengan taraf signfikansi 5% maka dapat ditulis sebagai berikut rhitung > rtabel yaitu (1,258 > 0,576). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan linguistik sisiwa kelas IV di SDN 3 Darek tahun ajaran 2021/2022 masuk dalam kategori sedang. Hal tersebut juga dapat diartikan bahwa apabila semakin sering seorang siswa tersebut membiasakan diri untuk melakukan kegiatan membaca maka semakin baik dan terampil dalam kemampuan linguistiknya baik itu secara lisan maupun tulisan.
References
Amri, F. S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52-58.
Anthony, J. L., Williams, J. M., Zhang, Z., Landry, S. H., & Dunkelberger, M. J. (2014). Experimental evaluation of the value added by Raising a Reader and supplemental parent training in shared reading. Early Education and Development, 25(4), 493-514.
Fadhillah, D. (2019). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas Ii Sdn Gebang Raya Kota Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 33-42.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371-378.
Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79-89.
Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139.
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan minat baca sejak dini di taman baca masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291-319.
Mirza, Q., Pathan, H., Khokhar, S., Raheem, M. A., & Mushtaq, M. F. (2021). English Reading Habits in Online Learning among Tertiary Learners in Pakistan: Evaluating the impact of COVID. Asian EFL Journal Research Articles, 28.
Mu’awwanah, U. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 3, pp. 317-330).
Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v sdn kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.
Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. (2021a). Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Cakrawala Pendidikan, 40(3).
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021b). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1).
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9-18.
Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11-19.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series 136(1), p. 012006. IOP Publishing.
Author Biographies
Fitriana Fitriana, Universitas Mataram
Ida Bagus Kade Gunayasa, Universitas Mataram
Nurul Kemala Dewi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Fitriana Fitriana, Ida Bagus Kade Gunayasa, Nurul Kemala Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).