Masalah Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di Kelas Tinggi

Authors

Fatia Randika , I Nyoman Karma , Moh. Irawan Zain

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1654

Published:

2022-05-19

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Perangkat Pembelajaran; lembar kerja peserta didik; Kelas Tinggi; SDN 4 Praya.

Articles

Downloads

How to Cite

Fatia Randika, I Nyoman Karma, & Moh. Irawan Zain. (2022). Masalah Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di Kelas Tinggi. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 33–39. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1654

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pendidik memiliki peranan penting dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, untuk melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, salah satu tugas Pendidik adalah menyusun perangkat pembelajaran secara optimal. Perangkat pembelajaran yang disusun oleh Pendidik berfungsi untuk memudahkan Pendidik dalam melaksanakan atau mengelola pembelajaran yang ada di kelas, supaya pembelajaran berlangsung secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah yang dialami Pendidik kelas tinggi dalam menyusun perangkat pembelajaran di SDN 4 Praya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyusun perangkat pembelajaran daring Pendidik masih mengalami masalah atau kesulitan. Masalah tersebut, yaitu (1) menyusun skenario pembelajaran yaitu 93,33%; (2) perumusan penilaian pembelajaran yaitu 80%; (3) pembuatan media pembelajaran yaitu 60%; (4) membuat LKPD yaitu 53,33%; dan (5) menyusun materi pembelajaran yaitu 33%. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut: kesulitan yang dialami Pendidik kelas tinggi dalam perumusan penilaian pembelajaran yaitu kesulitan menyusun penilaian sikap dengan tiknik jurnal, menyusun kisi-kisi tes tulis, menyusun penilaian keterampilan dengan teknik unjuk kerja, proyek dan produk. Pada penyusunan skenario pembelajaran ditemukan kesulitan dalam menyesuaikan langkah-langkah kegiatan pada kegiatan awal, inti, dan akhir pembelajaran. Pada pembuatan lembar kerja peserta didik ditemukan kesulitan menyesuaikan lembar kerja peserta didik dengan tujuan, media, dan penilaian. Pada menyusun materi ditemukan kesulitan menyesesuaian antara materi dengan tujuan, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, media, dan metode. Dan pada pembuatan media ditemukan kesulitan menyesuaikan media dengan tujuan, materi, kegiatan inti, dan lembar kerja peserta didik.

References

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 197-206.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Permendibud No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116-126.

Ramadoni, W., Kusmintardjo, K., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus di Paud Islam Sabilillah dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1500-1504.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ruhaliah, R., Sudaryat, Y., Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar†Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi. Dimasatra, 1(1).

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61-69.

Suminar, D. (2019, May). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783).

Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 347-371.

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 23-42.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Widianto, E. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

License

Copyright (c) 2022 Fatia Randika, I Nyoman Karma, Moh. Irawan Zain

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).