Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dalam Pembelajaran Numerasi Dasar
DOI:
10.29303/jcar.v4i2.1679Published:
2022-05-29Issue:
Vol. 4 No. 2 (2022): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Nilai tempat merupakan konsep yang fundamental dalam pembelajaran numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa kelas III pada materi nilai tempat bilangan. Miskonsepsi digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Careless errors (Ca), Concept errors (Co), serta Careless errors and Concept errors (Ca and Co). Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas III MIS Nurul Hidayah NW Lendang Kekah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan miskonsepsi jenis Careless errors (Ca) dengan persentase tertinggi 9% (3 siswa). 68% dengan persentase tertinggi (22 siswa) melakukan miskonsepsi jenis Concept error (Co) dalam menyelesaikan soal nilai tempat bialangan. Serta ada 2 siswa dengan persentase sebesar 6% melakukan miskonsepsi jenis Careless and Concept error (Ca and Co). Siswa melakukan miskonsepsi disebabkan dari beberapa aspek, seperti kondisi siswa, guru, metode, buku, dan konteks.
References
Asrof, Nailul & Mufidaah U. N. (2017). Analisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada sub materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep http://eprints.umsida.ac.id/576/
Kemendikbud. (2021). Modul literasi numerasi di sekolah dasar. Jakarta: Kemendikbud 2021 http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi dalam materi ipa sekolah dasar dek ngurah laba laksana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2). 166―175. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8588/8612
Liliawati, W., & Ramalis, T. R. (2009). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certaintly of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6 (1). https://eprints.uny.ac.id/12401/1/096_Pend_Fis_Winny.pdf
Matitaputty, C. (2016). Miskonsepsi siswa dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2). 113―119. https://www.researchgate.net/publication/332399312
Matitaputty, C., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2013). Memahami nilai tempat dengan kegiatan bertukar biota laut untuk kelas II sekolah dasar. Jurnal Edukasi matematika (EduMath) 4 (7). 439―450. http://eprints.unsri.ac.id/3777/
Mentari, K. (2019). Analisis kesalahan dan pemahaman konsep mengenai materi nilai tempat suatu bilangan pada mahasiswa dari kabupaten Mappi Papua program matrikulasi kelas C (skripsi), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/35190/
Mentari, K. (2019). Analisis kesalahan dan pemahaman konsep mengenai materi nilai tempat suatu bilangan pada mahasiswa dari kabupaten Mappi Papua program matrikulasi kelas C (skripsi), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/35190/
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matemtika 2 (2), 8―16. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/1650/1402
Permendiknas 2009 No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanSekolah Dasar Kelas I-VI.
Pesman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. Journal of Educational Research, 103(3), 208―222. https://www.researchgate.net/publication/249037939_Development_of_a_Three-Tier_Test_to_Assess_Misconceptions_About_Simple_Electric_Circuits
Ramadany, L. D. (2020). Analisis miskonsepsi siswa kelas V dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berdasarkan gender di SD IT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Papeda, 2(1). 17―26. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/406
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi matematika mahasiswa PGSD pada penyelesaian operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Ilmiah Kontekstual 2 (1), 15―21 http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/244/kontekstual
Rusmi, N. A. (2019). Miskonsepsi siswa pada operasi hitung di kelas IV MIN 8 aceh besar tahun pelajaran 2018/2019. (skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7942/1/NOVAL%20ALFYANDI%20RUSMI%20PUSTAKA.pdf
Sanvi, A. H., dkk. (2022). Analisis kemampuan numerasi pada materi matriks ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika. Jurnal Pendidikan Matematika & Matemtika 2 (3), 129―145. https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/download/2021/763
Singh, P., Rahman, A. A., & Sian H. T. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical task: a malaysian perspective. procedia on internaional conference on mathematics education research 2010 (icmer 2010). Procedia Social and Behavioral Sciences 8. 264-271. doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.036. https://www.researchgate.net/publication/241123045_The_Newman_Procedure_for_Analyzing_Primary_Four_Pupils_Errors_on_Written_Mathematical_Tasks_A_Malaysian_Perspective
Siskawati, F. S., dkk. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Jurnal Pendidikan Matematika 5 (1), 253―261. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
License
Copyright (c) 2022 Yulia Harianti, Lalu Hamdian Affandi, Asri Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).