Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ampenan Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

Alwi Febriani Nur , Muhammad Tahir , Heri Setiawan

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1681

Published:

2022-06-05

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Articles

Downloads

How to Cite

Nur, A. F. ., Tahir , M., & Setiawan , H. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ampenan Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas . Journal of Classroom Action Research, 3(2), 128–133. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1681

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada proses pembalajaran tatap muka terbatas di  Sekolah Dasar Negeri 1 Ampenan. kesulitan tersebut terdiri atas kendala, faktor penyebab, dan strategi yang digunakan siswa dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi selama porses pembelajaran tatap muka terbatas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Milles dan Huberman yaitu, Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1) Kesulitan yang dihadapi oleh siswa antara lain ; a) Siswa kesulitan dalam menerima matateri pembelajaran pada pembelajaran tatap muka. b) terbatasnya waktu pada proses pembelajaran . c) Tempat duduk siswa pada proses pembelajaran. 2). Faktor penyebab dari kendala yang dihadapi oleh siswa sebagai berikut: a) keterbatasan waktu pada proses pembelajaran. b) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang. 3). Srategi dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh siswa sebagai berikut.: a) Mengoptimalkan waktu yang ada. b) mencari materi tambahan di internet. Berdasarkan hal tersebut tidak begitu banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas.

References

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi distance learning di masa pandemi COVID 19 terhadap kecerdasan emosional anak di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 761-771.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Kemdikbud. 2020. “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19.â€Kemendikbud2019:1–58. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2020/06/Buku-Saku-Panduan-Pembelajaran-DiMasa-Pandemi-Covid19.

Kurniasih, Sani.2014†Strategi – Strategi Pembelajaran†Alfabeta:Bandung:64

Mustika, T. P., Fajriani, S. W., Prasetio, M. B., & Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 901-906.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402-409.

Nissa, Siti Faizatun, And Akhmad Haryanto. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.

Nurgesang, F. A., Wicaksono, A. B., Dhewanto, S. A., & Suryawan, D. (2019). Integrasi kuliah tatap muka dan praktikum untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran pada mata kuliah gambar manufaktur. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2). https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss2.art7

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112-120.

Pendidikan Kesetaraan Program dan Prosedur Memperoleh Bantuan Operasional Kegiatan (2015:16â‚‹17)

Permendikbud No. 23 Tahun 2015.

Prabawati, A. (2020). Pembuatan Piranti Kehidupan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 3(1), 75. https://doi.org/10.37849/mipi.v3i1.194

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176-182.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Samosir, F. T., & Tjahjono, P. E. (2020). ANALISIS PENYEBARAN INFORMASI HOAX DIMEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Mahasiswa Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 259-267.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234-2244.

Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas DI SD Muhammadiyah 9 Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 52-64.

Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas DI SD Muhammadiyah 9 Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 52-64.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019a). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019b). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Alwi Febriani Nur, Muhammad Tahir , Heri Setiawan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).