Pengaruh Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

Anita Cahyani , Muhammad Tahir , Heri Setiawan

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1683

Published:

2022-05-31

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Cahyani, A. ., Tahir, M. ., & Setiawan, H. . (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 87–92. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1683

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan berbicara pada siswa masih rendah. Kebanyakan siswa cenderung diam saja ketika guru meminta untuk berbicara. Apabila siswa menunjukkan keterampilan berbicara, siswa masih terbata-bata, malu, dan ragu-ragu. Selain itu kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas. Hal ini tentu membuat proses pembelajaran terhambat sehingga siswa tidak dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan (hand puppet) terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada MIN Gunung Rajak Lombok Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Gunung Rajak Lombok Timur yang berjumlah 68 siswa. Terdiri dari 26 perempuan dan 42 laki-laki. Kelas eskperimen dibelajarkan menggunakan media boneka tangan (hand puppet) sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model konvensional dan tanpa media boneka tangan. Teknik pengumpulan data keterampilan berbicara menggunakan lembar observasi dan instrument tes yang mengacu pada indicator keterampilan berbicara yang terdiri dari: pelafalan, intonasi, kosa kata, kelancaran, dan kalimat efektif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, setelah melakukan uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji (MannWhitney Test) dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan media boneka tangan (hand puppet) terhadap keterampilan berbicara siswa. hasil uji non parametrik (Mann-Whitney Test) dimana taraf signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu, hipotesis yang ada dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh tingkat keterampilan berbicara siswa kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan media boneka tangan (hand puppet).

References

Andriawan, P. Y., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Penggunaan Media Sandiwara Boneka Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 5 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2).

Anggalia, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Pada Kelompok A Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249-254.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449-459.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472-481.

Joyo, A. (2018). Gerakan literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal menuju siswa berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 159-170.

Khairunnisa, K., & Aryanti, D. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan Dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iiib Mi At-Thayyibah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 107-116.

Khairunnisa, K., & Aryanti, D. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 107-116.

Khotijah, S., Widiatsih, A., & Kustiyowati, K. (2020). Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember. Journal of Education Technology and Inovation, 1(1), 108-120.

Lestari, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Metode Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Pop-Up Book Efektif Meningkatkan Keterampilan Bercerita. Mimbar Ilmu, 25(3), 440-448.

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode show and tell siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 296-303.

Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 5(2), 766-772.

Prayogo, G. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Cooperative Blended Pada Kemenarikan Pembelajaran Bulutangkis. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01).

Septidear, V., Thoha, M. R., & Kartini, H. (2021). Pemanfaatan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas Iii Sdn 3 Pakisaji Kab. Malang. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-9.

Sulianto, J., Untari, M. F. A., & Yulianti, F. (2014). Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 15(2), 94-104.

Tambunan, P. (2018). Pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(1).

Wahyuni, S., Astini, B. N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2021). Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 2(1), 185-190.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Anita Cahyani, Muhammad Tahir, Heri Setiawan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).