Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
10.29303/jcar.v4i2.1684Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 4 No. 2 (2022): MeiKeywords:
Buku Cerita Bergambar, Kearifan Lokal NTB, Nilai-nilai KarakterArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi berdampak pada menurunnya karakter siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menanamkan karakter yaitu melalui penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dengan mengembangkan materi berbasis karakter, kearifan lokal dan memperhatikan perkembangan siswa. Salah satu media yang memuat kriteria tersebut adalah buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kelayakan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar, 2) untuk mengetahui respon siswa terhadap buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data di atas yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket skala respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB dinyatakan layak untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar berdasarkan hasil penilaian ahli media dan ahli materi yang memperoleh masing-masing skor 65 dengan persentase 86% dan menempati kategori “sangat layakâ€. 2) buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal NTB mendapatkan respon positif dari siswa berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil terhadap 6 siswa dengan perolehan persentase 88% dengan kategori “sangat baik†dan hasil uji coba kelompok besar terhadap 26 siswa memperoleh persentase 90% dengan kategori “sangat baikâ€. Buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat meningkatkan karakter siswa.
References
Ananda, A., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Rakyat Putri Mandalika Untuk Kelas IV SDN 1 Sukamulia. 8(1), 452–461. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2658/2147
Gunayasa, I. B. K. (2019). Revitalisasi Nilai dalam Cerita Rakyat Sasak Loq Sesekeq sebagai Penguatan Pola Asuh Anak dan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Sastra Dan Budaya IV : Kearifan Lokal Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa, 15–24.
Jiwandono, I. S. (2020). The Implementation of Dolanan Lengkak Talik to Build The Students Discipline And Honest Character. Proceedings Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE 2019), 2, 54–62. https://www.asian-efl-journal.com/wp-content/uploads/AEJ-GCTALE-Volume-2.pdf#page=23
Jiwandono, I. S., & Khairunnisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4466
Jiwandono, I. S., Nisa, K., Rosyidah, A. N. K., Hakim, M., & Nasaruddin, N. (2020). The Implementation of the Movement for Strengthening Character Education in Primary Schools Through Lombok Traditional Games at SDN 44 Mataram. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465, 246–249. https://www.atlantis-press.com/articel/125943799.pdf
Kartini, K. S., Tri, I. N., & Putra, A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. 4(1), 12–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index%0ARESPON
Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016.pdf
Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. In JDIH KEMENDIKBUD (pp. 1–12). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Khairunnisa. (2015). The Mapping of National Character in Science Concept of MI (Analysis Study on the Basic Competence of Science Subject of MI in Curriculum 2013). Proceeding Biology Education Conference: Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 67–72. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6684/6026
Krissandi, A. D. S. (2017). Merancang Buku Cerita Bergambar Merancang : Sebagai Media Membaca Anak Yang Berkarakter. Sanata Dharma University Press.
Kusumayanti, N. P., Khairunisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 16 Cakranegara. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.6667
Laelah, N. (2016). Analisis Struktur Dan Makna Pantun Bima (Patu Mbojo) Pada Grup “ Patu Cambe Mbojo – Dompu NTB†di Facebook Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA. In SKRIPSI. Universitas Mataram.
Masitah, Mutaqin, N. S., & Tirsa, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. CaLLs, 7(1), 53–66. https://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229
Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111
Murniayudi, H. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. http://eprints.uny.ac.id/68609/
Nisa, K., Karma, I. N., Nurhasanah, & Kusuma, A. S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Mengembangkan RPP Berbasis Kearifan Lokal pada Guru-Guru SDN 44 Mataram. Prosiding PEPADU 2021 Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021. Prosiding PEPADU 2021 Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021, 3, 334–342. https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/408/400
Nisa, K., Mansyur, Y., & Rifai, R. (2016). Pengembangan Model Bahan Ajar Berdimensi Karakter Lokal Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p037
Nuraini, R. A., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2021). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran PPkn dengan Karakter Siswa Kelas V SDN Gugus V Ampenan. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.97
Nuryati. (2019). Kearifan Lokal Etnis Sasak dalam Cerita Rakyat Monyeh. MABASAN, 5(1), 102–115. https://doi.org/10.26499/mab.v5i1.202
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (p. 37). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Pusat Kurikulum dan Perbukuan RI. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Reta, Y., Karma, I. N., & Zain, I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Berkearifan The Values Of Character Education In The Local Wisdom Stories Of The Sumbawa Community. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 270–277. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/163
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. In Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra RI. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi …, 6(4), 691–697. http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/318%0Ahttp://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/318/238
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 Hendri Saputra, Khairun Nisa, Ilham Syahrul Jiwandono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).