Hubungan Kecerdasan Verbal Linguistik dengan Pemahaman Membaca Teks Narasi peserta Didik Kelasn V SDN Gugus II Kecamatan Sakra

Authors

Try Suhandari Wahid Putri , Ida Bagus Kade Gunayasa , Lalu Hamdian Affandi

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1685

Published:

2022-06-04

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Kecerdasan Verbal Linguistik, Pemahaman Membaca Teks Narasi

Articles

Downloads

How to Cite

Try Suhandari Wahid Putri, Ida Bagus Kade Gunayasa, & Lalu Hamdian Affandi. (2022). Hubungan Kecerdasan Verbal Linguistik dengan Pemahaman Membaca Teks Narasi peserta Didik Kelasn V SDN Gugus II Kecamatan Sakra. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1685

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan kecerdasan verbal linguistik dengan pemahaman membaca teks narasi peserta didik kelas V SDN Gugus II Kecamatan Sakra Tahun 2021/2022. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis bagi pembaca dan peneliti lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dimana populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas lima SDN Gugus II Kecamatan Sakra yang berjumlah 184 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dengan rumus slavin sehingga mendapatkan hasil 65 sampel. Metode pengumpulan data berupa tes pada kedua variabel. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment. Berdasarkan hasil penelitian kecerdasan verbal linguistik peserta didik diperoleh nilai rata-rata 69,72 sedangkan hasil penelitian pemahaman membaca teks narasi diperoleh nilai rata-rata 57,73. Hasil penelitian dari 65 peserta didik yang di teliti pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan dinyatakan adanya hubungan kecerdasan verbal linguistik dengan pemahaman membaca teks narasi peserta didik SDN Gugus II Kecamatan Sakra. Oleh sebab itu hendaknya sekolah mengupayakan pengembangan tingkat kecerdasan verbal linguistik peserta didik agar dapat mempermudah peserta didik dalam memahami sebuah bacaan atau teks terutama teks narasi.

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Dewi, D. S., & Wilany, E. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Verbal Dan Kemampuan Membaca. Jurnal Dimensi, 8(1), 187-197.

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences (terjemahanYelvi Andri Zaimul). Jakarta: Daras Book.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Khuzaimatun, S. (2009). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R pada siswa kelas X. 3 SMA Negeri 1 Sumberlawang.

Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan menulis essai dalam pembentukan berpikir kritis mahasiswa prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).

Mirasanthi, K. G., Suarjana, I. M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Penarukan. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: bumi aksara, 110, 1.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166-183.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering (pp. 261-267).

Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72-82.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Try Suhandari Wahid Putri, Ida Bagus Kade Gunayasa, Lalu Hamdian Affandi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).