Pengaruh Permainan Benteng terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lari pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SDN 2 Lendang Kunyit

Authors

Juan Haerul Rizal , Safruddin , Nurul Kemala Dewi

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1695

Published:

2022-05-31

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Gerak dasar lari, Permainan benteng, PJOK.

Articles

Downloads

How to Cite

Juan Haerul Rizal, Safruddin, & Nurul Kemala Dewi. (2022). Pengaruh Permainan Benteng terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lari pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SDN 2 Lendang Kunyit. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1695

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Gerak dasar lari merupakan gerak dasar lokomotor yang perlu dikembangkan di sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SDN 2 Lendang Kunyit kemampuan gerak dasar lari siswa masih rendah dan mengakibatkan nilai pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menjadi ikut rendah. Hal ini dikarenakan siswa kurang meminati pembelajaran gerak dasar lari karena tidak menggunakan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan benteng terhadap kemampuan gerak dasar lari pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas IV SDN 2 Lendang kunyit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  dengan pre-eksperimental design tipe one group pretest-posttest design. Adapun hasil analisis data menggunakan  uji dependent t-test memperoleh nilai Sig (2-tailed) yakni sebesar 0,000 < 0,05. Jika nilai signifikansi (P < 0,05) maka data memiliki perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara selisih pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh permainan benteng terhadap kemampuan gerak dasar lari pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan siswa kelas IV SDN 2 Lendang Kunyit.

References

Anisah, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dasar Lari Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 40 Meter ( Studi Pada Siswa Kelas V SDN Karang Dalam 1 Sampang ). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 03(1), 101–105. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13493

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Kediri: CV Adjie Media Nusantara.

Asih, K. P. (2015). Pembelajaran Lari Cepat Melalui Permainan Bentengan Untuk Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas III Sd Negeri 2 Randublatung Kabupaten Blora 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1554–1559. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/4555

Bahri, S., & Anis, A. (2018). Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Bantengan Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2 (hal. 1255–1262). Diambil dari http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/259/249

Gaudensiana, M. (2020). Permainan Tradisional Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ivb Sd Katolik Maumere 2. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi,Sosial & Humaniora Permainan, 01(08), 54–59. Diambil dari https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/107

Hartanto, A. B., & Kristiyandaru, A. (2014). Upaya peningkatan hasil belajar passing bawah voli melalui metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V-A SDN Bangah Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3), 758–760. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.idindex.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/10025

Moerianto, E., Dewi, R., & Valianto, B. (2021). Pengaruh Metode Permainan Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Dasar Lari Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(1), 5–10. https://doi.org/https://doi.org/10.22245/jpor.v7i1.26161

Mu’minin, A. S. (2016). Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Penjas Dengan Menggunakan Strategi Penyampaian “IDEAS†(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang). SKRIPSI. Universitas Pendidikan Indonesia. Diambil dari http://repository.upi.edu/19742/

Murniati. (2015). Penggunaan Metode Bermain Benteng Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Cepat 50 Meter pada Siswa Kelas V SDN 77 Ganra. Universitas Negeri Makassar. Diambil dari http://eprints.unm.ac.id/7478/

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. Palembang: Bening Media Publishing. Diambil dari http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf

Semakur, Y. (2020). Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas V Sd Katolik 041 Talibura. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(11), 1–8. Diambil dari https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/153

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 465). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sutiswo. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Bebentengan Terhadap Kecepatan Lari Sprint Siswa SD. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2), 29–34. Diambil dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1555013

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

License

Copyright (c) 2022 Juan Haerul Rizal, Safruddin, Nurul Kemala Dewi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).