Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Berbasis HOTS di Kelas Rendah

Authors

Farida Suriani , Khairun Nisa , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1699

Published:

2022-06-01

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Kesulitan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, HOTS

Articles

Downloads

How to Cite

Farida Suriani, Khairun Nisa, & Ilham Syahrul Jiwandono. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Berbasis HOTS di Kelas Rendah. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 101–104. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1699

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP berbasis HOTS karena keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh kualitas perencanaan yang dirancang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP ber basis HOTS, faktor penyebab kesulitan guru dan solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan RPP berbasis HOTS di kelas rendah SDN 4 Praya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif naratif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang/informan dan data tertulis. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Data Collection (koleksi data), Data Condensation (kondensasi data), Data Display (penyajian data), dan Conclusing Drawing/verification. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dan uji dependebilitas. Berdasarkan  hasil penelitian guru mengalami kesulitan  mengembangkan beberapa komponen yakni : merumuskan indikator pencapaian kompetensi, mengembangkan uraian materi, menentukan model dan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran dan, instrumen penelitian. Adanya kesulitan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa factor yakni kemampuan guru dalam mengembangkan RPP, waktu yang terbatas, dan karakteristik peserta didik.

References

Alfandi., & Nyoman K. (2021). "Pengaruh Penggunaan Media Labirin Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan Materi PPKn Kelas III SDN 2 Seteluk". Journal of Science Instruction and Technology. Vol 1(2), 91-97.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Setyaningsih., & Brigitta D.A. (2019). "Analisis Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akuntansi". Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). "Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung Alfabeta.

Syah, M. (2006). "Psikologi Belajar". Jakarta:Rajawali Pers.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Randika, F. (2021)."masalah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dikelas tinggi SDN 4 Praya". Universitas Mataram.

Khairunnisa., & Jiwandono, I.S. (2020). "Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar". Elementary school Education Journal, Vol 4(1), 9-19.

Huberman, M., & Miles B. (2014). "The qualitative researcher’s compation Sage". PT. Wijaya : Jakarta

Indraayu, M. (2021). "pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan materi PPKn di kelas IV SDN 4 Paya". jurnal pendidikan dasar. Vol1(2), 73-79.

Jannah, M. (2021). "Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan". Universitas Mataram.

Jiwandono., & Ilham S. (2020). "Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) di SDN 44 Mataram". jurnal PEPADU.Vol 1(2),198-206.

Kinasih, A. M. (2017). "Problematika Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta". Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

License

Copyright (c) 2022 Farida Suriani, Khairun Nisa, Ilham Syahrul Jiwandono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).