Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

Nurul Fitrah , Ida Ermiana , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1707

Published:

2022-06-01

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Reciprocal Teaching, kemampuan berpikir kreatif

Articles

Downloads

How to Cite

Fitrah, N. ., Ermiana, I. ., & Oktaviyanti, I. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1707

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif karena kemampuan tersebut merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental type Nonequevalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari 22 siswa dari kelas III SDN 02 Sila dan 28 siswa dari kelas III SDN Inpres Leu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis yaitu tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh data yang menunjukkan hasil Thitung sebesar 2.064 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 22 + 28 = 48. Maka diperoleh Ttabel sebesar 1.677 pada taraf signifikan 0.05 (5%). Berdasarkan kriteria penerikan kesimpulan pada uji hipotesis jika Thitung > Ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang didapat Thitung > Ttabel (2.064 > 1.677) artinya, Ha yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 02 Sila diterima.

References

Amaliyah, Aam., Rahmat, Azwar. 2021. Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Jurnal of Elementary Educations. 5(1), 29.

Areq, A., Marsitin, R dan Suwanti, V. 2019. Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. jurnal Terapan Sains & Teknologi. 1(4), 42-43.

Deasyanti, M. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau dari Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok: 27

Diyanzah, F. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Rumak Tahun 2016/2016. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram.

Habibi, M., Ritonga, H & Novalyan, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Muslimat Yayasan Pendidikan Wanita Islam Kota Jambiprasety: 10-17.

Mahadewi, NKN., Ardana, IM & Mertasari NMS. 2020. Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaksi. Jurnal Pendidikan Nasional. 4(2), 340.

Prasetiyo, A & Lailatu, M. 2014. Berpikir kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 2(1), 13-14.

Rachmawati, Y & Euis, K. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak: 13-15.

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. 2020. Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. 2021. Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Cakrawala Pendidikan, 40(3).

Ritonga, L. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa di Madrasah Aliyah Laboraturium Jambi. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi: 10-17.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Sarialang, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Balok Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 2 Kuranji Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram.

Setyawan, D. 2013. Metodologi Penelitian: 1-9.

Shopia, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Biologi. 6(1).

Siregar, SM., Siregar EY & Haraha[, SD. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajar Reciprocal Teaching Terhadapa Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JurnalPendidikan Matematika. 3(1), 99.

Sudjana, N & Ibrahim. 2012. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyino. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta cv.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta cv.

Winarsunu, T. 2010. Statistik dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: katalog dalam Terbitan.

Yildiz, Cansu., Yildiz, Tulin Guler. 2021. Exploring the relationship between creative thinking and scientific process skills of preschool children. Elsevier, 9.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. 2019. Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Zhou, Qian. 2021. Development of creative thinking skills through aesthetic creativity in middle school educational music course. Elsevier, 2

License

Copyright (c) 2022 Nurul Fitrah, Ida Ermiana, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).