Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Tingkah Laku Berprestasi Siswa Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

Rini Fakhriani , I Nyoman Karma , Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1712

Published:

2022-06-06

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Keywords:

Bimbingan Belajar, Tingkah Laku Berprestasi, SDN Gugus 1 Praya

Articles

Downloads

How to Cite

Rini Fakhriani, I Nyoman Karma, & Abdul Kadir Jaelani. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Tingkah Laku Berprestasi Siswa Kelas V SDN Gugus I Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 159–163. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1712

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan Praya Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto tipe Causal Comparative Research. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 174  yang sudah menerapkan kurikulun 2013 di Gugus 1 Kecamatan Praya Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 88 siswa dengan teknik random sampling. Dengan sistem undian data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial. Hasil uji Anova satu jalur penelitian menunjukkan bahwa jawaban siswa terkait dengan penerapan bimbingan belajar yang di gunakan guru sebesar 65%  siswa menjawab dengan baik, 18% siswa menjawab dengan sangat baik, dan 17% siswa menjawab  dengan cukup baik. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa 22% siswa kelas V SD mempunyai  tingkah laku berprestasi yang sangat baik, 81% diantaranya memiliki tingkah laku berprestasi yang baik, dan 1% siswa mempunyai tingkah laku berprestasi yang cukup baik. 

Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Fhitung (0,430) > Ftabel (0,138), dengan  taraf  kesalahan sebesar 0,05 dan N = 142. Sedangkan besar pengaruh bimbingan belajar terhadap  tingkah laku berprestasi sebesar 18,4%. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan bimbingan belajar  maka semakin tinggi pula tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan Praya Timur.

References

Arisandy, M., Nurhasanah, N., & Jaelani, A. K. (2022). Pengaruh Metode Inquiry Training terhadap Sikap Sosial Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 717-722.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Kurniasari, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Belajar Kelas VIII-7 di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2014/2015. Online), (simki. unpkediri. ac. id), diakses, 2.

La Fua, J., & Nurlila, R. U. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Sarapan Pagi, Dukungan Orang Tua, Fasilitas Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 01 Gunung Sari Kec. Bonegunu Kab. Buton Utara. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 22-43.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, I. K. A. E., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2017). Analisis pemanfaatan e-learning sebagai knowledge management dalam mendukung proses pembelajaran di jurusan pendidikan teknik informatika Undiksha. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 11-19.

Oemar Hamalik. Metode Belajar dan kesulitan –Kesulitan Belajar .Bandung : Bumi Aksara.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199

Salahudin, A. 2016. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Setiadewi, N. L., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan ips. Mimbar Ilmu, 24(3), 287-298.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukatin, H. S. (2020). Inovasi Pendidikan Sekolah Menengah Yang Bermutu Dan Profesional. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 18-39.

Uno, Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulva, N. (2021). Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5640-56470.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Rini Fakhriani, I Nyoman Karma, Abdul Kadir Jaelani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).