Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar

Authors

Julkifliati , Ida Bagus Kade Gunayasa , Nurul Kemala Dewi

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1718

Published:

2022-06-06

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Keywords:

Media Photo Story, Pembelajaran Sastra Anak

Articles

Downloads

How to Cite

Julkifliati, Gunayasa, I. B. K. ., & Dewi, N. K. . (2022). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152–159. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1718

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan guru dalam menggunakan media masih kurang, selain itu ketersediaan media di sekolah untuk suatu pembelajaran kurang mencukupi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media Photo Stoty pada pembelajaran sastra anak, mengetahui kelayakan media Photo Story berdasarkan penilaian validator dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media Photo Story. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis yaitu menganalisis perlunya pengembangan media, Design yaitu membuat rancangan media Photo Story, Development yaitu menghasilkan produk media Photo story, Implementation  yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas III, and Evaluation  yaitu untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dibuat). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar angket validasi ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan media Photo Story, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media Photo Story pada pemebaljaran sastra anak yang telah dikembangkan memperoleh nilai persentase 90% dengan kriteria “sangat layak†dari dosen ahli media, dari dosen ahli materi memperoleh persentase 96,6% dengan kriteria “sangat layak†dan dari guru sebagai ahli materi memperoleh nilai persentase 93,3% dengan kriteria “sangat layakâ€. Sedangkan dari respon peserta didik dalam uji coba lapangan setelah menggunakan media Photo Story memperoleh nilai persentase 93% dengan kriteria “sangat layakâ€. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Photo Story pada pembelajaran sastra anak kelas III sekolah dasar “sangat layak†untuk digunakan.

References

Andriani, Neiny. 2019. Pengaruh Media Photo Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Pab 9 Klambir V Tahun Pembelajaran. Skripsi S1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Chandra, Rustika.2016. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook Untuk Penungkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang. Skripsi S1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Didipu, Herman. 2012. Sastra Anak : Media Pendidikan Yang Menghibur, Dan Media Hiburan Yang Mendidik. Gorontalo: Makalah Seminar Nasional Sastra.

Djuanda, Dadan. 2014. Pembelajaran Sastra Di Sd Dalam Gamitan Kurikulum 2013.Jurnal Mimbar Sekolah Dasar.1(2), 191-200.

Faiz, Suyoto, Dkk. 2019. Penerapan Media Photo Story Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Mlonggo Kabupaten Jepara. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agun

Hasti Wulandari, Yatim Riyanto,Waspodo Tjipto Subroto. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Photo Story Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Glagahombo 2 Sleman. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Penelitian. 4(2).

Krissandi, Febriyanto Dkk 2018.Sastra Anak: Media Pembelajaran Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.

Lestari, Ayu, Lia. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Photo Story Terhadap Keterampilan Menukis Narasi Siswa Kelas IV Di Sdn 1 Sesaot. Skripsi S1. Universitas Mataram

Lestari, Puji. 2012. Penerapan Metode Divisi Capaian Kelompok Belajar (Dckb) Dalam Pembelajaran Sastra Anak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Siswa Kelas Vii Smpn 2 Berbah Sleman. Skripsi S1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Manora, Marshalina Happy. 2012. Pengembangan Media Photo Story Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Satu Babak Pada Siswa Kelas Viii SMP. Skripsi S1. Universitas Negeri Semarang.

Melyanti, Sri. 2019. Pengembangan Media Buku Saku Berbasis Mind Mapping Untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas XI. Skripsi S1. Universitas Negeri Makasar.

Nugrahaningtyas, Erlita. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Pola Hidup Sehat Untuk Anak Kelas 1 SD. Skripsi S1. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rukiyah. 2018. Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Journal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2(1): 99-106. Semarang: Universitas Diponegoro. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva

Rusman.. 2018. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun, Jakarta: Prenada Medeia Group

Septiani. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Matematika Materi Bangun Datar Pada Peserta Didik Kelas Iii Sdn 19 Cakranegara. Skripsi S1. Universitas Mataram.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan ( ResearchAnd Development/ R&D). Bandung: Alfabeta, CV

T.W, Solhan Dkk. 2007.Pendidikan Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Yanto, Ari, Febriyanto, Budi. 2019. Media Photo Story Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Proccending Of The ICECRS|Ojs. Umsida.Ac. Id/Index.Php/.2. 123-129.

License

Copyright (c) 2022 Julkifliati, Ida Bagus Kade Gunayasa, Nurul Kemala Dewi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).