Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Muatan IPS
DOI:
10.29303/jcar.v4i2.1719Published:
2022-06-04Issue:
Vol. 3 No. 2 (2021)Keywords:
IPS, Bahan Ajar, Komik, KeberagamanArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penggunaan bahan ajar di SDN 48 Cakranegara masih menggunakan Buku Guru/Buku Siswa sebagai acuan dalam pembuatan bahan ajar sehingga proses belajar mengajar kurang menarik, siswa yang menerima pembelajaran menggunakan bahan ajar yang sama pada setiap pertemuan yang dilaksanakan oleh guru akan meresa bosan dan jenuh, selain itu juga yang menyebabkan keterlambatan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang di buktikan dengan adanya siswa yang masih belum mencapai kriterian kentutasan minimal (KKM), sebesar 60% siswa, dari 100% yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membantu guru dalam mengembangkan bahan ajar dalam proses pembelajaran di SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Devalopment, Implementatio, dan Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 48 Cakranegara berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berbasis komik pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,3% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan presentase 85,7%. Hasil uji coba kelompok kecil medapatkan kriteria sangat baik dengan rerata 88,8%. Oleh karena itu bahan ajar berbasis komik layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
References
Akbar, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, Nurul Kemala, dkk. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pelajaran IPA. Jurnal Pilar MIPA, Vol.16 (3), 302-309
Franz Kurt dan Meier,B. 1994. Membina Minat Baca. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fuad, Nurul. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VI SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hasanah, Nur. 2022. Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,Vol. 7 (1), 2.
Mustaji dan Nanci Angko. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Matapelajaran Matematika Kelas 5 SDN Mawar Sharon Surabaya. Surabaya: Jurnal KWANGSAN. 01 (01)
Oktaviyanti, Itsna & Setiani Novitasari. 2019. Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, Vol. 2 (1), 51.
Putri, Fanny Mestyana. 2020. Efektivitas Penggunaan Apikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di Min 2 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Sari, P. M. & Yarza H. M. . 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quiziz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-guru SDIT Al – Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 (2).
Somantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudarsono, Susilo. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Ganjil Genap Kelas II SD. Jurnal PGSD, Vol.9 (No. 8), 7-8
Sudjana, N., dan Rifai,A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 Aditia Putra, Siti Istiningsih, Nurul Kemala Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).