Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Discovery untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains
DOI:
10.29303/jcar.v4i2.1728Published:
2022-06-07Issue:
Vol. 4 No. 2 (2022): MeiKeywords:
Perangkat pembelajaran fisika, model discovery, penguasaan konsep, keterampilan generik sainsArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery yang valid. Penelitian ini hanya menggunakan 3 langkah dari model 4D yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Objek penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrument tes yang divalidasi oleh 3 orang validator. Data dalam penelitian adalah data primer dari hasil validitas. Hasil validitaas silabus, RPP, LKPD, dan instrument tes penguasaan konsep masing-masing sebesar 0.85; 0.80; 0.83; dan 0.91 sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validitas instrument tes keterampilan generik sains sebesar 0.79 sehingga teramasuk dalam kategori valid. Hasil persentase kesepakatan antar validator pada silabus, RPP LKPD, instrument test penguasaan konsep dan keterampilan generik sains lebih dari 80% sehingga termasuk dalam kategori reliable. Dengan demikian perangkat pembelajaran fisika model discovery yang dikembangkan layak untuk digunakan.
References
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Andriani, D., Rudibyani R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6 (2), 308-320.
Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. (2018). Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187-194.
Brotosiswoyo, B. S. (2002). Hakikat Pembelajaran MIPA Di Perguruan Tinggi: Fisika. Jakarta: PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas.
Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.
Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.
Hesti, F. P., Ariani, S. R. D., & Mulyani, B. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Generik Sains Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 292-298.
Ibrahim, Gunawan, & Kosim. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar MIPA 15 (3), 214-218.
Izetbigovic, M. A., & Langitasari, I. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 4(2), 164-174.
Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.
Maesaroh, S. S. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa tentang Keberagaman Budaya Indonesia pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Discovery Learning (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24-33.
Nainggolan, P., Rohadi, N., & Risdianto, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Generik Fisika Dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Guided Discovery Melalui Eksperimen Pada Alat-Alat Optik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3).
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah . Jakarta: Depdiknas.
Puspitadewi, R., Saputro, A. N. C., & Ashadi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap Sma N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(4), 114-119.
Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 140459.
Rahayu, C. & Festiyed. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisisa SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulu Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No. 1.
Sahidu, C. (2016). Penilaian Hasil Belajar. Mataram: Agra Puji Press.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington, D. C: National Center for Improvement of Educational Systems.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan
dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Virtayanti, I. A. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Kesetimbangan Kimia. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 1(01), 17-23.
Yulianci, S., Gunawan, G., & Doyan, A. (2017). The Effect of Guided Inquiry Model with Interactive Multimedia Towards Student’s Generic Science Skill Based on Learning Styles.
License
Copyright (c) 2022 Fitria Rizki Mulya, Joni Rokhmat, Agus Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).