Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Authors

Samsul Hadi , Muntari , Burhanuddin

DOI:

10.29303/jcar.v4i2.1729

Published:

2022-06-07

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Model PBL, Pendekatan STEM, dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Articles

Downloads

How to Cite

Samsul Hadi, Muntari, & Burhanuddin. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 4(2), 133–137. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1729

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di MTs Qamarul Huda Bagu merupakan penelitian Research and Development (R & D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid. Pengembangan yang dilakukan diadopsi dari pengembangan model Dick and Carrey dengan 9 tahapan pengembangan. Penelitian dilakukan di MTs Qamarul Huda Bagu dengan subjek penelitian yaitu kelas VII A dan VII C. Produk yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKPD dan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil validasi dari validator dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangakat yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian tiga validator ahli.

References

Alaa, S., Qomariyah, N., Wirawan, R., Angraini, L. M., Syamsuddin, S., & Sukrisna, B. (2019). Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Eksperimen. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 1-4.

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 55-60.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11-22.

Devi, N. A. I., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Kreativitas Matematis Siswa SMA Melalui Project Based Learning Terintegrasi STEM pada Pembelajaran Fisika Elastisitas di Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 95-100.

Fitrianawati, M., Sintawati, M., Marsigit, M., & Retnowati, E. (2018). Skema Pengembangan Subject Spesific Pedagogic (SSP) Berbasis Ethnomatematika untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Kurniawati, W., Supandi, S., & Aini, A. N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 428-438.

Madyani, I., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2019). Pengembangan LKPD IPA Model PBL Terintegrasi STEM Materi Suhu dan Perubahannya. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 107-113).

Nopriyanti, T. D., Erlina, M., & Andinasari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realisticmathematic Education (RmE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK PGRI 2 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Nuha, M. A. (2016). Integrasi Teknologi dalam Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. In Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang (p. 147).

Nuraini, N. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-11.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18-26.

Putri, M. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Pokok Listrik Statis.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.

Sani, R (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).

Schleicher, A. (2018). Insights and Interpretations. PISA 2018, 10.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Supratman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multilevel dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Lingkaran Siswa MTS Qamarul Huda Tahun 2019. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 21-29.

Toyib, M., Rohman, N., & Sutarni, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 63-80.

Wahyu, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Terbanggi Besar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Reny, R. R., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 701-717.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP BAB 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1), 46-54.

Khusnul, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Peserta Didik Kelas X.

License

Copyright (c) 2022 Samsul Hadi, Muntari, Burhanuddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).