Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV Sekabupaten Dompu

Authors

Muhammad Andi Zulfikar , Heri Setiawan , Safruddin

DOI:

10.29303/jcar.v4i1.1742

Published:

2021-02-24

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2022): February

Keywords:

Minat, Prestasi belajar, Gugus Kabupaten Dompu.

Articles

Downloads

How to Cite

Zulfikar, M. A. ., Heri Setiawan, & Safruddin. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV Sekabupaten Dompu . Journal of Classroom Action Research, 4(1), 137–141. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1742

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah umtuk melihat adanya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V Segugus IV Se Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2021 / 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi. Dalam penelitian ini terdapat populasi yaitu seluruh sekolah yang ada di segugus IV kabupaten dompu yang dimana sekolahnya adalah SDN 16 Dompu, SDN 05 Dompu, SDN 04 Dompu, dan SDN 06 Dompu. Dalam sampel yaitu seluruh kelas V yang berada disegugus IV tersebut dan SDN 16 Dompu yang adakan dijadikan sampel sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa  atau taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 dengan demikian  6,300 maka dinyatakan normal. dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan Minat belajar siswa denga prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil deskripsi variabel minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan jumlah 36 responden dapat diketahui bahwa pada variabel minat belajar siswa memiliki nilai nimimum 69 dan maksimum 154 dengan rata – rata 115,57 dan termaksud kategori “Baik†selanjutnya pada variabel prestasi belajar siswa dapat diketahui nilai minimum sebesar 70 dan nilai maksimum 94 dengan rata – rata 85,2 termaksud kategori “kurang†hal ini dapat diartikan bahwa minat belajar siswa dilakukan dengan “baikâ€. Sehingga Hipotesis Alternatif ( Ha ) diterima dan Hipotesis Nol ( Ho ) ditolak. Jadi, Hipotesis Alternatif ( Ha ) yang berbunyi “ adanya hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun ajaran 2021/2022†‘ diterima’

License

Copyright (c) 2022 Muhammad Andi Zulfikar, Heri Setiawan, Safruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).