Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar
DOI:
10.29303/jcar.v4i1.1805Published:
2022-06-22Issue:
Vol. 4 No. 1 (2022): FebruaryKeywords:
Lembar kerja peserta didik, cerita bergambar, SDN 1 Toya.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah kumpulan dari lembaran yang berisi tentang kegiatan yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan suatu aktivitas nyata dengan objek dan persoalan yang dipelajari. LKPD merupakan bahan ajar cetak berupa beberapa lembar kertas yang berisikan materi, ringkasan, dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas yang akan dikerjakan oleh peserta didik yang mengacu kepada kompetensi dasar yang akan dicapainya. Cerita bergambar adalah bahan ajar grafis yang digunakan dalam proses pembelajaran yang memiliki pengertian praktis yaitu dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan tertentu secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan kata-kata dan gambar. Guru hendaknya mampu merancang dan mempersiapkan LKPD dengan matang serta selalu memperhatikan kebutuhan setiap siswa. Hasil observasi menunjukan Guru belum merancang sendiri LKPD yang mampu membantu kebutuhan peserta didik untuk belajar lebih aktif dan kreatif, guru memberikan lembar kerja yang materi dan soalnya diambil dari buku paket sehingga peserta didik kurang aktif dalam melasanakan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah LKPD berbentuk cerita bergambar efektif dan efisien dari segi isi dan tampilan, mengetahui kelayakan LKPD, mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner atau angket. Hasil penelitian pengembangan LKPD dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validasi ahli materi dan ahli bahan ajar menunjukan rata-rata 4 dan 5 yang merupakan kategori sangat valid. Presentase hasil uji kelompok kecil adalah 93,6% dan kelompok besar 95% dengan kriteria sangat baik.
References
Budiyono Saputro, M. P. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.
Faizah, U. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hafid, A. (2009). Buku Bergambar sebagai Sumber Belajar Apresiasi Cerita di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 9(2).
Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178.
Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Ramdani, A., Syukur, A., Gunawan, G., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2020). Increasing Students’ Metacognition Awareness: Learning Studies Using Science Teaching Materials Based on SETS Integrated Inquiry. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6708-6721.
Ramdani, A., Syukur, A., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2021, July). Student Concepts’ Mastery. In 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020) (pp. 195-199). Atlantis Press.
Rizki, D. A. A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual Untuk Kelas III SDN 9 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 312-322.
Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.
Waluyo, E., Sa’dijah, C., & Subanji, S. (2016). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Memerhatikan Beban Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2300-2306.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 Giri Rahma Hairani, Safruddin, Heri Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).