Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Wanasaba

Authors

Annisa Pitriana , Nurhasanah , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.1827

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar IPS, SDN 1 Wanasaba

Articles

Downloads

How to Cite

Annisa Pitriana, Nurhasanah, & Itsna Oktaviyanti. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Wanasaba. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1827

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kecerdasan interpersonal dapat membantu siswa untuk bisa mengembangkan sikap empati, prososial, kesadaran diri dan mampu meningkat kemampuan komunikasi. Hal tersebut sejalan dengan tujuan kurikulum IPS yang tidak hanya mengembangkan pengetahuan akan tetapi juga mengembangkan sikap dan keterampilan sosial.  Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode korelasional. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu sampel total. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket atau kuisioner. Uji instrument penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linearitas kemudian dilakukan uji korelasi. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui bahwa antar kedua variabel terdapat korelasi sebesar 0,642 > 0,349 sesuai dengan pengujuian maka Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya.

References

Amitha, Arjun Fatah. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Intis School Yogyakarta: E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6).

Armstrong, Thomas. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta : Indeks

Herwati, Kanaria. (2014). Implikasi kecerdasan knterpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS: Research and Development Journal of Education, 1 (1).

Kemendikbud. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291-305.

Monawati. 2015. “Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dengan Prestasi Belajarâ€. Jurnal Pesona Dasar. 3 (3)

Oktaviyanti, Itsna. Sutarto, Joko. Atmaja, T.A. (2016). Implementasi nilai-nilai social dalam bentuk perilaku sosial siswa SD: Journal of Primary Education. 5 (3)

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Safaria, T.. (2005). Interpersonal Intelligence. Jakarta: Amara Books.

Safitri, Cannystia. (2020). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Kedisiplinan Belajar dengan Hasil Belajar Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Kalimosodo Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung: Joyful Learning Journal. 9 (4).

Saidah. (2016). Pengantar pendidikan: Telaah pendidikan secara global dan nasional. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Widayati, Sri. Utami, Widijati. (2008). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Yogyakarta: Luna Publisher.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

License

Copyright (c) 2022 Annisa Pitriana, Nurhasanah, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).