Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling

Authors

Baiq Faras Selvia , Asrin , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.1868

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Show Not Tell, Media Gambar.

Articles

Downloads

How to Cite

Baiq Faras Selvia, Asrin, & Ilham Syahrul Jiwandono. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1868

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis teks saat ini masih terbilang rendah. Keterampilan menulis wajib dimiliki oleh siswa sebagai sarana mengekspresikan ide gagasan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Show Not Tell dan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V gugus 5 Desa Setiling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN Gunung Borok yang berjumlah 13 siswa dan kelas V SDN Sekedek yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Data keterampilan menulis teks deskripsi dinilai menggunakan rubrik penilaian keterampilan menulis teks deskripsi. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial (uji-t) dengan melewati uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji prasyarat yang telah dilakukan data tersebut dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian homogen. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji Two Way Anova. Untuk hipotesis pertama, hasil penelitian menunjukkkan metode pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa dengan nilai sig.0,01<0,05 sehingga  diterima. Untuk hipotesis kedua terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap keterampilan menulis teks deskripsi dengan nilai sig.0,01<0,05 sehingga  diterima. Sedangkan untuk hipotesis ketiga, tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode dan media terhadap keterampilan menulis teks deskripsi dengan nilai sig.0,717>0.05 hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) ditolak serta  hipotesis nol (H0) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Show Not Tell dan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V gugus 5 Desa Setiling. Hal ini berarti metode Show Not Tell dan media gambar dapat digunakan oleh guru dalam proses pengajaran yang berkaitan dengan keterampilan menulis siswa.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.

Azmi, S. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi Manusia Sebagai Makhluk Individu, Sosial, Susila, Dan Makhluk Religi. Likhitaprajna, 18(1), 77-86.

Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 41–49.

Dibia, Ketut, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.

Faisal, M., Asrin, A., & Jaelani, A. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 807–815.

Fitri, Y., Syahrul, R., & Tamsin, A. C. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 548-554.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hairuddin, Dkk. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68.

Heru, A. (2018) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Menulis Karangan Deskripsi. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 29-34.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.

Khairunnisa, I. S. J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7.

Maulana, I., & Kusmayanti, D. (2020). Penggunaan Teknik Show Not Tell Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 24-33.

Milandari, B. D., & Waluyan, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Show Not Tell Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Mujahidin Nw Jempong, Ampenan. Jurnal Ulul Albab, 22(2).

Parameswari, K. I., Bagus, I., & Gunayasa, K. (2022). Analisis Kaidah Kebahasaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 1 Sandik Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 2(April), 61–67.

Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Semester II Kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 236–242.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.

Sonia, G. (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Tarigan. & Guntur, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkas

Wira, W. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL SHOW NOT TELL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LAMASI. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 10-19.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Baiq Faras Selvia, Asrin, Ilham Syahrul Jiwandono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).