Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.3804Published:
2023-05-25Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Gerakan literasi sekolah, pembetukan karakterArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah di SDN 1 Kuta dan untuk mengetahui karakter peserta didik kelas 5 yang terbentuk dalam implementasi gerakan literasi di SDN 1 Kuta. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 5/A, dan peserta didik kelas 5/A SDN 1 Kuta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Gerakan literasi Sekolah di SDN 1 kuta berjalan dengan lancar. Bentuk implementasi gerakan literasi sekolah berupa dari (1) kegiatan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran; (2) kegiatan wajib kunjungan ke perpustakaan; (3) pemanfaatan buku pojok literasi; dan (4) membaca bersama Al-Quran setiap hari jumat. Karakter peserta didik kelas V SDN 1 Kuta yang mengikuti gerakan literasi sekolah sudah baik. Rata-rata peserta didik karakter Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, dan berkhebinekaan global. Pembentukan karakter yang lebih baik disebabkan implementasi dari Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Kuta.
References
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18.
Ermiana, I., Umar., Khair, B, N., Fauzi, A., Sari, M, P. (2021). Kemampuan literasi numerasi siswa SD inklusif dalam memecahkan soal cerita.
Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 132-138.
Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131-136.
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1448-1456.
Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Peserta didik Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17.
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1390-1400.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.
Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V. (2019). Pengaruh gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Parole (Jurnal Penddikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 527.
Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4, 220-234.
Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261-280.
Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena full day school dalam sistem pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10-18.
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9. Doi: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.514.
License
Copyright (c) 2023 Baiq Ajeng Lala Wisma, Ida Ermiana, Lalu Hamdian Affandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).