Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif

Authors

Baiq Anggreni Ihsanda , Darmiany , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2100

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Kesulitan, Membaca permulaan, Siswa MI Raudatul Jannah Al Ma’arif.

Articles

Downloads

How to Cite

Ihsanda, B. A. ., Darmiany, & Baiq Niswatul Khair. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif . Journal of Classroom Action Research, 4(4), 27–34. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2100

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital dalam suatu masyarakat terpelajar, karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana individu membaca, dan proses membaca buku akan sangat dipentingkan bagi anak untuk kehidupan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas II  dalam membaca permulaan di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif. Jenis penelitian ini adalah desriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif yang berjumlah 19 orang siswa. Metode pengempulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan doumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis non statatistik. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 dari 19 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut diantaranya, kesulitan dalam membca huruf  vokal,huruf konsonan, suku kata, kata, dan kalimat  atau paragraf. Hal ini mennjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mengadakan bimbingan membaca di rumah.

References

Abdurrahman, M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Apriana,Nunung., Darmiany & Istiningsih, Siti. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa kelas III SDN Gugus 04 Pujut. Renjana Pendidikan Dasar, 1, (4), 245.

Astuti, & Istiarini. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Dalaman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Erfan,M.,Maulyda,M.A.Affandi, L. H., Rosyidah,A. N. K., Oktaviyani,

Fauzi, F. (2018) Karakteristik Kesulitan belajar membaca pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (2), 95-105.

Fitriana, F., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Kecerdasan Linguistik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 78-82.

I., & Hamdani,1 (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal Didika:

Jakarta: Depdikbud & Renika Cipta.

Kumara,A., Wulandari,A.J., & Yosef, L. G. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: PT Kanisius.

Laki, R. (2018). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di era kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 1 (1),23-29.

Masyhud, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Managemen dan Profesi Kependidikan (LPMKM)

Muhammad Idrus.(2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: PT Erlangga.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3. 907

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115–128. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153/104.

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI),5(2), 143-164.

Oktaviani, Utari., Kumawati, Sari., Apriliyani, Mila Nurul., Nugroho, Heny., & Susanti, Eka. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika,1 (2), 5.

Rahim Farida. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Edisi II. Jakarta: Bumi Aksara

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.

Ramdhani, F. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas I MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Safira,Tia., Tahir, Muhammad., & Khair,Baiq Niswatul. (2022). Penerapan Budaya Literasi di SDN 28 CAKRANEGARA. JIIP: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2), 374.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2018). Membaca sebagai suatau ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahana Imliah Pendidikan Dasar, 7 (1), 1-8.

Wardani, I. G.A.K. (2013). Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Windarwati,dkk.(2020).Analisis faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD inpera 141 Matalamagi kota Sorong.Jurnal papeda.2 (1).10-15.

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan cara Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Zuriah Nurul. (2009). Metedologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

License

Copyright (c) 2022 Baiq Anggreni Ihsanda, Darmiany, Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).