Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika

Authors

Nanang Riadi , Syaiful Musaddat , Lalu Hamdian Affandi

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2138

Published:

2022-09-05

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika, Hambatan, Covid-19.

Articles

Downloads

How to Cite

Riadi, N. ., Syaiful Musaddat, & Lalu Hamdian Affandi. (2022). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika . Journal of Classroom Action Research, 4(4), 47–56. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2138

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika secara daring pada masa Covid-19 di SD Muhammadiyah Pancor, Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Miles dan Hubeman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan satu peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai hambatan atau kendala yang dialami guru pada saat melakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran matematika secara daring. Pada proses perencanaan hambatan yang dialami guru yaitu: (1) Platform pembelajaran yang digunakan dalam membelajarkan matematika secara daring terbatas, guru hanya menggunakan WhatsApp karena tidak bisa mengaplikasikan platform pembelajaran lain; (2) dalam penggunaan WhatsApp guru kesulitan mengontrol peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung karena tidak semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran akibat tidak memiliki HP. Pada proses pelaksanaan hambatan yang dialami guru yaitu: (1) Banyak peserta didik yang kurang disiplin pada saat melakukan Video Call di awal pembelajaran; (2) video pembelajaran yang dibagikan tidak bisa diakses oleh semua peserta didik karena sebagian tidak memiliki HP; (3) materi pelajaran yang sulit dipahami peserta didik karena tidak dapat dijelaskan secara langsung oleh guru; (4) metode pembelajaran yang dapat digunakan guru hanya terbatas karena disesuaikan dengan platform pembelajaran yang digunakan sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang menarik. Sedangkan pada proses penilaian hambatan yang dialami guru yaitu: (1) guru kebingungan memberikan penilaian karena banyak peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas; (2) guru tidak mengetahui keaslian dari tugas yang dikumpulkan peserta didik

References

Ahmadi, F., & Hamidulloh, I. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: Qahar Publisher.

Amrulloh. (2022). Pembelajaran Mandiri Belajar Online Selama Dan Pasca Covid-19. Klaten: Lakeisha.

Awwaliyah, Ulfi dkk. (2021). Antalogi Pandemi 2020 Part 1. Riau: Yayasan Miftahul Ulum Kepenuhan.

Fahrina, Afrillia., Karla Amelia, & Cut Rita Zahara. (Ed). (2020). Pandemi Corona, Disurpsi Pendidikan Dan Kreativitas Guru (Vol. 1). Aceh: Syiah Kuala University Press.

Firliani, F., Ibad, N., Nauval, D. H., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 823-838). Retrieved from: https://mail.prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/118.

Gilang K, R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Ismawati, R., Asrin, A., & Saputra, H. H. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 1 Teros Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 491-500. Retrieved from: http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/512.

Komalasari, F. D. ., Widada, I. K. ., & Husniati, H. (2022). Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Kurikulum 2013 Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 11–17. Retrieved from: https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1388.

Lanani, K. (2022). Sosok Guru Impartiality dan Pembelajaran Matematika Inovatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Semesta.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Persepektif Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

PP RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20.

Rahmania, S., Maula, L. H., & Khaleda, I. (2021). Perbandingan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sistem Home Visit dan Sistem Daring. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 94-100. Retrieved from: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/179.

Rakhmah, B., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2021). Deskripsi Kendala Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3738-3746. Retrieved from: http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1449.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Salsabila, R., Murtono, M., & Purbasari, I. (2020). Analisis Proses Dan Dampak Pembelajaran Daring Di Sd Al-Islam Pengkol Jepara Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 151-159. Diambil dari: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/3422.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti., & Rahmawati, S. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132. Diambil dari: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352.

Yuliani, Meda dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori & Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

License

Copyright (c) 2022 Nanang Riadi, Syaiful Musaddat, Lalu Hamdian Affandi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).