Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quiziz Terhadap Pemahaman Konsep
DOI:
10.29303/jcar.v4i4.2231Published:
2022-10-24Issue:
Vol. 4 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
Model Pembelajaran SOLE, Media Quizizz, Pemahaman Konsep IPAArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental, metode penelitian eksperimen menurut Sugiyono (2009:107) dapat diartikan sebagai “metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikanâ€.Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, yang dimana memperoleh hasil nilai pre-test pada kelas eksperimen 60,5 dan kelas kontrol 67,0 dan post-test pada kelas eksperimen 84,0 dan kelas kontrol yaitu 78,5. Dari hasil penelitian eksperimen ini dengan menerapkan model pembelajaran SOLE menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep IPA kelas V di SDN 44 Ampenan. Bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep IPA. Dimana analisis uji t dilakukan pada bab sebelumnya menggunakan t-test. Nilai yang diperoleh dari hasil t-hitung kemudian dibandingkan dengan nilai dari t-tabel dengan taraf signifikan 5% dengan ketentuan sebagai berikut: jika t-hitung < t-tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil t-test diperoleh nilai 1.463 > 2,024 pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA bagi siswa.
References
Baiq Niswatul Khair, Herwati Susilo, Endang Suarsin.2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal).Vol.2, No. 1, Hal 97-98
Ida Ermiana, H.A.Witono, Baiq Niswatul Khair.2019. Pengembangan Media Berdasarkan Komputer (CBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Di SDN 12 Ampenan. Universitas Mataram. Seminar Nasional Pegelaran Pendidikan Dasar (PPDN)
I Gusti Ngurah Wiragunawan.2022. Penerapan Model Pembelajaran SOLE Berbantuan Media Vidio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 1 Kuta Selatan. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru.Vol.2, No.2, Hal 234
I Nyoman Karma, dkk.2019. Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Berbasis Scientific Approach Dan Contextual Learning Dalam K-13. Prosiding PEPADU.Vol.1, Hal 137
Julkifliati, Ida Bagus Kade Gunayasa, Nurul Kemala Dewi.2022. Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research.Vol. 4, No.2, Hal 153
Radiusman.2020.Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI (Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 6, No. 1, Hal 1
Rosi Arijumiati, Isti Istiningsih, Heri Setiawan.2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Pada Masa Pandemi Di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.Vol.6, No. 4, Hal 698
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Riduwan. 2013.Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: ALFEBETA
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA, CV.
License
Copyright (c) 2022 Dewi Sri Matovani, Siti Istiningsih, Baiq Niswathul Khair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).