Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v4i4.2232Published:
2022-10-20Issue:
Vol. 4 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
Bimbingan, Kreativitas, Belajar.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara bimbingan belajar orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV di SDN Desa Mamben Daya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dapat diklasifikasikan ke dalam penelitian korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV dari lima SDN di Mamben Daya berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik ini sering digunakan melalui dau tahap, yaitu tahap pertama menentukan sampel daerah (cluster), dan tahap berikutnya menentukan orang-orang yang ada pada daerah itu scara sampling juga. Ditentukan sebanyak tiga sekolah sebagai sampel berjumlah 63 siswa. Hasil analisis data bimbingan belajar orang tua menunjukkan kategori cukup baik dengan rata-rata 60,4444 yang memiliki frekuensi paling banyak. Untuk kreativitas belajar siswa menunjukkan kategori cukup baik dengan rata-rata 74,7460 yang memiliki frekuensi paling banyak. Hasil pengujian regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel bimbingan belajar orang berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi 0,582 atau 58,2%. Artinya variabel bimbingan belajar orang tua memberikan kontribusi sebesar 58,2% terhadap kreativitas belajar siswa, sisanya 41,80% berasal dari faktor lain yang tidak diamati. Dari hasil yang diproleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV di SDN Mamben Daya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.
References
Ahmadi, A., & Nuruhbayati. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Artika, M. N. W. D. (2017). Hubungan Antara Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Diambil dari http://repository.usd.ac.id/id/eprint/15938.
Barnadid, I., Nurhasanah., & Oktaviyanti, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Upaya Pencegahan Lost Generation di SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 76-81.Rosita, I., Karma, I. N., & Husniati (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Ketapang Raya. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 51-59.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hanafy, M. S., & Nikawati. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Julubori Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 197-209. Doi: https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5219.
Handoko, M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Panduan Praktis. Yogyakarta: Kanisius.
Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hermawan. (2012). Bimbingan Belajar dan Remidial Akademik. Surakarta: Surakarta UNS Press.
Hermawan. (2012). Bimbingan Belajar dan Remidial Akademik. Surakarta: UNS Press.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Melinia, S., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 158-163.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Murtini, N. K. (2022). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 34-38.
Nurjaman, U. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Al-Afkar Journal For Islamic Studies Universitas Islam Nusantara, 4(1), 168-180. Doi: https://dx.doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.178.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.
Sadulloh, U. (2010). Pendagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1(1), 1-15. Doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.837.
Sulistiawati, A., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Kedisiplinan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 98-107.
Widoyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasa, G. S. (2014). Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 M. Saprial Widi Anugrah, Darmiany, Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).