Analisis Kemampuan Literasi Pada Siswa

Authors

Hemamalini , Ida Ermiana , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2233

Published:

2022-10-20

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Kemampuan Literasi, Membaca, Program SAC.

Articles

Downloads

How to Cite

Hemamalini, Ermiana, I. ., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2233

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia tergolong masih rendah. Literasi sains merupakan salah satu dari kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas 3 di SDN Ngolang. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan literasi. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan berdasarkan level kemampuan literasi. Level kemampuan literasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari level pemula, level huruf, level kata, level paragraf, level cerita 1, dan level cerita 2. Wawancara dilakukan dengan bertanya langsung kepada siswa. Indikator wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebut huruf, pemahaman kata, pemahaman soal paragraf, dan pemahaman soal cerita. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi siswa kelas 3 SDN Ngolang berbeda. Tidak terdapat siswa pada level pemula, level huruf, dan level kata. Terdapat 1 orang siswa pada level paragraf, 4 orang siswa pada level cerita 1, dan 1 orang siswa pada level cerita 2.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi, Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18.

Ermiana, I., Umar, U., Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sd Inklusif dalam Memecahkan Soal Cerita. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 895-905.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/467

https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520.

https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9101.

https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/8516.

Inovasi. (2021). Modul pembelajaran literasi dan numerasi sesuai level.

Kemendikbud. (2015). Gerakan Literasi Sekolah. http://repositori.kemdikbud.go.id/419/1/Buku%20Saku%20Gerakan%20Literasi%20Sekolah%20Ditjen%20Dikdasmen%20Kemendikbud.pdf

Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai. (Skripsi sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar).

Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 619-630.

Maulyda, M. A., Ermiana, I., Erfan, M., & Fauzi, A. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi dan Karakteristik Media Visual yang dihasilkan Calon Guru. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 712-719.

Meeks, L., Kemp, C., & Stephenson, J. (2014). Standards in literacy and numeracy:

Contributing factors. Australian Journal of Teacher Education, 39(7), 106–139.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.

Oktaviani, L., Intiana, S. R. H., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Pengelompokan Level Literasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Beleka Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 330-336.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (edisi keenam). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulisworo, D., & Permprayoon, K. (2018). What is the Better Social Media for Mathematics Learning? A Case Study at A Rural School in Yogyakarta, Indonesia. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), 39–56.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Hemamalini, Ida Ermiana, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).