Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Authors

Fajarani Wahyu Praptika Sari , Nurhasanah , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2236

Published:

2022-10-12

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, F. W. P. ., Nurhasanah, & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 4(4), 117–122. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2236

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Hasil belajar siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan  pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas 5 SD di Gugus 3 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental, metode eksperimen adalah satu-satunya metode penelitian yang dianggap paling tepat untuk menguji hipotesis mengenai hubungan sebab akibat (Mahmud, 2011). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan tes yang memperoleh hasil nilai pretest pada kelas eksperimen 58,0 dan kelas kontrol 67,0 dan posttest dimana kelas eksperimen 83,0 dan kelaas kontrol 79,0. Dari hasil penelitian eksperimen ini dengan merenapkan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas 5 SD Gugus 3 Kota Mataram. Bahwa adanya pengaruh penggunaan pendekatan saintifk terhadap hasil belajar IPA. Dimana analisis uji t dilakukan pada bab sebelumnya menggunakan t-test.  Nilai yang diproleh dari hasil thitung kemudian dibandingkan dengan nilai dari ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan ketentuan sebagai berik ut : jika thitung < ttabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil di t-test diperoleh nilai yaitu 829 > 2.048 dengan taraf signifikan 5% yang membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ipa peserta didik kelas 5 SD Gugus 3 Kota Matara

References

Abdi Niswandi, Nurhasanah, Lalu Hamdian Affandi (Ed). 2021. Hubungan Gaya Belajar Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus 04 Masbagik Tahun 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar. Vol 1 No.4. Hal306.

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ajizah, E., Jamaluddin., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121-127.

Baiq Niswatul Khair, Herawati Susilo, Endang Suarsini (Ed). 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. Elementary School Education Journal. Vol.2, No. 1. Hal 97-98.

I Nyoman Karma, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Ida Ermiana, Nurul Kemala Dewi (Ed).2019. Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Berbasis Scientific Approach dan Contextual Learning Dalam K-13. Prosiding PEPADU. Vol 1. Hal 137.

Itsna Oktaviati, Nurhasanah, Ilham Syahrul Jiwandono.dkk (Ed).2020. Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk SD Negeri 3 Midang. Jurnal PEPADU. Vol 1.Hal 299

Johari Marjan, I.B . Putu Aryana, I.G.A Nyoman Setiawan.2014.“Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Baratâ€.e-journal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Study IPA, Vol 4. Hal 4.

Luis Komala, Lalu Hamdian Affandi, Baiq Niswatul Khair (Ed).2021. Meta-Analisis Pengaruh Model Example Non Example dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ganec Swara. Vol 15 No.1. Hal 869.

Mahmud H. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia Hosnan.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Melani, W. W., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Model Video Pembelajaran IPA Pada Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 115-118.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rusman.2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, F. (2020). Penggunaan Bahan Ajar IPA berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(2).

Slameto.2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,Cv.

Sukmawati, A., Harjono, A., & Ermiana, I. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 125-129.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group

Wardani, Nurul Kemala Dewi, Nurhasanah (Ed).2022. Hubungan Aktivitas Belajar Kelompok Dengan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus 05 Kalijaga Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2020/2021. Primary Education Journal. Vol 3 No.1. Hal 50.

Wulandari, A. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. BASIC EDUCATION, 4(14).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Fajarani Wahyu Praptika Sari, Nurhasanah, Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).