Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Menulis Teks Eksplanasi Siswa

Authors

Bahiya Gofilah , Suyanu , Mahmudi Efendi

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2244

Published:

2022-10-05

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Kalimat Efektif, Menulis Teks Eksplanasi, SMAN 1 Labuapi

Articles

Downloads

How to Cite

Gofilah, B. ., Suyanu, & Efendi, M. . (2022). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 104–109. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2244

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan menulis mutlak perlu dikuasai karena memiliki manfaat. Melalui kegiatan menulis, seseorang mampu memengaruhi orang lain sehingga mampu melakukan perubahan dalam kehidupan pembacanya menuju pada perubahan yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 21 orang siswa kelas XI di SMAN 1 Labuapi. Teknik pengumpulan data berupa metode tugas, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa Berdasarkan hasil pembahasan yang dipaparkan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIPA Sma Negeri 1 Labuapi pemahaman penggunaan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi masih kurang atas, karena berdasarkan hasil dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi dapat diambil beberapa hal penting yang berhubungan penting dengan proses pembelajaran seta hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penggunaan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi pemahaman siswa masih banyak yang kurang mengerti menulis sesuai dengan EYD, Ejaan yang benar, penulisan huruf kapital yang masih salah, dan ada juga yang kurang atas pemahaman penulisan yang baik dan benar menggunakan kalimat efektif. Sebagian siswa telah mengerti penggunaan kalimat efektif yang benar dan ada juga beberapa siswa pemahaman kurang dalam penggunaan kalimat efektif untuk menulis teks eksplanasi.

References

Astuti, D. (2010). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Cyber Media Tahun Pelajaran 2010-2011.

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75.

Dayu, D. P. K. (2016). Keefektifan Penggunaan Model Mid (Meaningful Instruksional Design) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 6(02).

Istiqamah, N., Tahir, M., & Sudirman (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terahadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 35-40.

Liana, L. (2021). Analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2020/2021. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Maruka, S. R. (2018). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Poster pada Majalah Dinding Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. BAHASA DAN SASTRA, 3(1).

Meilani, Y. P., Andra, V., & Friantary, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii D Di Mts Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(1), 24-34.

Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 271-280.

Oktaria, D., Andayani, N. F. N., & Saddhono, K. (2018). Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci peningkatan keterampilan menulis eksposisi. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 15(2), 165-177.

Putri, N. A., Asrin., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 134-139.

Sari, N. K. D., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2016). DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV SD N 1 PENARUKAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Selvia, B. F., Asrin., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.

Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).

Tenesia, T., & Thamsin, A. C. (2019). Diksi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 202-213.

Widiprihati, S. N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Silent Video pada Siswa SMA Negeri 1 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 3(2).

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2), 13-20.

License

Copyright (c) 2022 Bahiya Gofilah, Suyanu, Mahmudi Efendi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).