Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Siswa Dalam Belajar Tatap Muka Terbatas

Authors

Muna Amalia Asikin , Safruddin , Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2263

Published:

2022-10-19

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Budaya Literasi, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis.

Articles

Downloads

How to Cite

Asikin, M. A. ., Safruddin, & Jaelani, A. K. . (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Siswa Dalam Belajar Tatap Muka Terbatas. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131–138. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2263

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang dinilai paling sulit yang dialami oleh siswa. Menulis sangat penting bagi siswa untuk dapat mengembangkan daya berpikir kritis siswa terhadap suatu persoalan yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dan diungkapkannya dalam aktivitas menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa kelas IV SDN 1 Bagik Polak. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan budaya literasi membaca dilaksanakan dengan baik oleh guru dan peserta didik, karena diberikan perlakuan oleh peneliti bagaimana kemampuan membaca dan menulis bisa tumbuh di dalam diri peserta didik yaitu dengan menggunakan salah satu media kartu kata atau huruf dan guru melaksanakan literasi sesuai dengan pembiasaan yang dilakukan sebelum pembelajaran inti dimulai yang dimana dalam penerapan budaya literasi ada dua indikator yaitu, pembiasaan membaca, dan kemampuan memahami sedangkan untuk kemampuan membaca ada tiga indikator yaitu perhatian siswa terhadap bahan bacaan, mengucapkan huruf sesuai abjad, membunyikan dan membedakan bunyi huruf dan pada kemampuan menulis ada tiga indicator yaitu penggunaan huruf capital, ketepatan penulisan huruf, siswa dalam penulisan tanda baca yang tepat dan benar, mengutarakan ide atau gagasan kedalam bentuk bahasa tulisan yang benar (2) kemampuan membaca dilaksanakan dengan baik, dimana peneliti memberikan hal yang menarik kepada peserta didik agar peserta didik mau memperhatikan bahan bacaan terlebih dahulu, peserta didik mampu menyebutkan huruf demi huruf yang peneliti berikan dengan menggunakan media kartu kata atau huruf (3) Faktor pendukung pelaksanaan budaya literasi adalah kebijakan sekolah yang diwajibkan untuk membudayakan literasi sebelum pembelajaran kegiatan inti dimulai, antusias peserta didik dalam kegiatan literasi serta lingkup siswa yang senang membaca pada jam istirahat, guru yang kreatif dalam mengeluarkan ide-ide menarik tentang penerapan literasi yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya media/sarana prasarana, kurangnya dukungan dari orang tua, serta tidak beroperasinya perpustakaan yang saat ini dijadikan kelas tambahan.

References

Agusti, R., Syahrul, R., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930-942.

Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147-158.

Amalia, F. N. (2017, December). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).

Amri, CO., Jaelani, A. K., & Saputra H. H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E- Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (3), 546-551.

Aprianto, M. K., Safruddin, S., & Jaelani, A. K. (2021). Analisis Muatan Karakter Pada Pelajaran Pjok KelashVIhSemesterhIIhDihSDNh1hBatuhKumbungh2020/2021. JurnalaIlmiahaMandalaaEducation, 7(4).

Ardiansyah, A., Kamaruddin, M. Y., Hasriyani, H., Basir, S., Kurniawan, R., Fadhlurrahman, M., & Karlina, L. (2021). Pembenahan Taman Baca Masyarakat (TBM) Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kelurahan Malimongan Baru Dan Kelurahan Timungan Lompoa Di Kecamatan Bontoala. Journal Lepa-Lepa Open, 1(1), 44-56.

Faizah, Utama. 2016. Gerakan Literasi Sekolah disekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan DasarhdanhMenengahaKementrianaPendidikanadanaKebudayaan.

http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/view/959

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2503

http://eprints.umpo.ac.id/6403/

http://repositori.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf

https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/221

https://luthfieashsidiqi.blogspot.co.id/2016/11/membangun-budaya-literasi.html?view=classic

https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=7Vdfp9sAAAAJ&citation_for_view=7Vdfp9sAAAAJ:BqipwSGYUEgC

Istiqamah, N., Sudirman., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terahadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 35-40.

Jatnika,hS.hA.h(2019).hBudayahLiterasihuntukhMenu-mbuhkanhMinathMembacahdangMenulis. IndonesiangJournalhofjPrimarydEducation, 3(2),k1-6. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/18112

Kusmana,aS.g(2017).aMembangunaBudayaqLiterasi.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.

Nurmawati, A. D., Rahmawati, I. Y., & Wulansari, B. Y. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Perpustakaan Huruf Abjad Pada Kelompok A Ra As Syafi’iyah Ponorogo. Jurnal Edupedia Jurmas: Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(1), 1-11.

Permanasari, D. (2017). Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsahdenganHbudayaHliterasi. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=MEMBANGUN+KUALITAS+BANGSA+DENGAN+BUDAYA++permatasari+ane&btnG

Putri, N. A., Asrin., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 134-139.

Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. (2021). Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 637-649.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Saepudin, A., & Mentari, B. N. (2016). Menumbuhkan minat baca masyarakat melalui taman bacaan masyarakat berbasis teknologi informasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 43-54.

Sajawandi, L., & Rosalina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Buku†Membaca itu Mengasyikkan†di Tk Plus Al Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 62-68.

Saputri, D. A., Robandi, B., & Heryanto, D. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Cetak KelasI Sd. JurnaltPendidikanjGuruhSekolahfDasar, 5(3),h1-11. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/30036

Selvia, B. F., Asrin., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.

Sumaryanti, L. (2018, October). Urgency Pembiasaan Membaca Pada Anak Menurut Perspektif Islam. In Seminar Nasional Pendidikan Dan KewarganegaraanhIv (Pp.h185-193). https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/175/0

Tunardi, T. (2018). Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi. Media Pustakawan, 25(3), 65.

Widayati, S. Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Bunyi Huruf Melalui Media Papan Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah 65 Surabaya Kusumawati. https://core.ac.uk/download/pdf/230644082.pdf

Wulandari, R. R., Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siwa Kelas IV SDNhGugushIVhPraya. JurnalhIlmiahhProfesiPendidik-an, 6(4),h582-587. http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/284

License

Copyright (c) 2022 Muna Amalia Asikin, Safruddin, Abdul Kadir Jaelani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).