Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC)

Authors

Elva Isma Yani , I Nyoman Karma , Itsna Oktaviyanti , A. Hari Witono

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2294

Published:

2022-10-31

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Keterampilan Sosial, Program, Semua Anak Cerdas (SAC).

Articles

Downloads

How to Cite

Yani, E. I. ., Karma, I. N. ., Oktaviyanti, I. ., & Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2294

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki individu untuk berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya. Maka dari itu untuk mendukung perkembangan keterampilan sosial siswa dibentuklah program Semua Anak Cerdas (SAC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa SDN 2 DAREK pada program Semua Anak Cerdas (SAC). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan derkriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan Milles dan Hubermans. Hasil penelitian dilihat dari aspek keterampilan sosial: 1) Hubungan Dengan Teman Sebaya menunjukkan presentase 75% dengan kriteria baik. 2) Manajemen Diri menunjukkan presentase 82% dengan kriteria sangat baik. 3) Kemampuan Akademis menunjukkan presentase 85% dengan kriteria sangat baik. 4) Kepatuhan menunjukkan presentase 75% dengan kriteria baik. 5) Perilaku Assertif menunjukkan presentase 72% dengan kriteria baik. Dengan demikian, siswa kelas III SDN 2 DAREK sudah memenuhi aspek-aspek keterampilan sosial.

References

Asim, T.M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkaykan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education Science and Technology (EST), 2 (2),105-112.

Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik:Jurnal Pendidikan, 4(2). http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19

Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Role Playing Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Hadianti, Leli Siti. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 02 (1), 1-8.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidika. 12 (1), 90-96.

Pratiwi, Asri Diah.(2020). Tingkat Keterampilan Sosial Pada Remaja Di Sekolah Asrama. (Skripsi). Yogyakarta:Universitas Sanata Darma. http://repository.usd.ac.id/37120/2/161114001_full.pdf

Purnama, A. (2017). Optimalisasi Keterampilan Sosial ABK Melalui Metode Bermain Kooperatif Pada Paud Inklusi. Prosiding SNasPPM, 1(1), 39-46. http://snasppm.unirow.ac.id/file_prosiding/Prosiding_SNasPPM%20I_H39-46_989.pdf

Rahman, Ali Aksa. (2021). Analaisis Penanaman Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SD Negeri Gugus 8 Kecamatan Praya Barat. (Skripsi). Mataram:Universitas Mataram.

Rosyidah, A. N. K., Affandi, L. H., Erfan, M., Oktaviyanti, I., Maulyda, M. A., & Hamdani, I. (2021). Pengentasan Buta Aksara Berbasis Pendekatan “semua anak cerdas†Untuk Guru SD. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 362-377.

http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/10884

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003 Sisdiknas.pdf.

Yulfitri, F., Marjohan., & Sano, A. (2014). Konformitas Internalisasi Siswa Terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselin Indonesia, 2(1), 36-41.

Yusuf, M., Tarjiah, I., & Satibi, O. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, 5 (2), 124-132.

License

Copyright (c) 2022 Elva Isma Yani, I Nyoman Karma, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).