Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul

Authors

Ahmad Zubandi , Baik Nilawati Astini , I Made Suwasa Astawa , Fahruddin

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2318

Published:

2022-10-31

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Media Puzzle, Perkembangan Kognitif, TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul.

Articles

Downloads

How to Cite

Zubandi, A. ., Astini, B. N. ., Astawa, . I. M. S. ., & Fahruddin. (2022). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2318

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Media masih jarang digunakan guru kedalam pembelajaran. Pada saat abad 21 siswa dan guru dituntut untuk menguasai teknologi. Media sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif, menggunakan desain eksperiment yaitu pre eksperimental design dengan bentuk group pretest – postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian treatment, observasi menggunakan instrumen penelitian, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode statistik non-parametris. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. sebelum diberikan perlakuan menggunakan media puzzle diperoleh hasil pre-test anak dengan skor rata-rata 42,9% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria belum berkembang.Setelah diberikan perlakuan menggunakan media puzzle dapat diperoleh data post-test dengan skor rata-rata 76,5% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria cukup berkembang. Artinya perkembangan kognitif anak memiliki potensi untuk berkembang jika dapat distimulus dengan baik menggunakan metode yang tepat dan efektif. Berdasarkan hasil perhitungan nilai ttabel Wilcoxom dengan jumlah sampel = 4 dan tingkat signifikasi 5 % dengan output “ Test Statistik†diketahui Asymp. Sig (2-talled) bernilai 0,03< 0,05 , maka dapat di simpulkan bahwa “Hipotesis di terimaâ€. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap pengembangan kognitif pada anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul.

References

Cahyani, A., Tahir, M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 87-92.

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 32-45.

Chandra, Ratnasari Dwi Ade. 2019. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 01. Nomor 01

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86.

D Ramdayani, F Fahruddin, N Nurhasanah, IW Karta. 2020. Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun) Di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal pendidikan dasar dan anak Indonesia 1 (4) 139-145, 2020.

Fahruddin, F & Astini, B. N. 2018. Pelatihan Program Parenting Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Paud Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 38

Fauziah, N. R., Dewi, N. K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Poster Muatan PPKN Materi Pancasila Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 7-14.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Ilma, Rofidatul. 2016. Penerapan Media game Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A1 Dalam Mengenal Bilangan di TK Dharma Wanita grenden Puger Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media

Khatimah, Husnul. 2017. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B TK Tunas Harapan

Matovani, D. S., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quiziz Terhadap Pemahaman Konsep. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Sari, Yesi Ratna. 2018. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk LPM Rama Endra 2018

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surwati. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Binatang Melalui Permainan Puzzle Pada Siswa Kelompok B Di TK Dharma Wanita Buluagung Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Profesiona. Volume 5, Nomor 3

Surya, Mohamad. 2016. Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad .2011.Perkembangan Anak USia Dini, Pengantar dalam berbagai aspeknya, Jakarta: Kencana.

Susilawati, N Nurhasanah, IN Suarta, BN Astini. 2020. Identifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus 1 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Indonesian journal of Elementary and Childhood Education 1(4), 155-162

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Ahmad Zubandi, Baik Nilawati Astini, I Made Suwasa Astawa, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).