Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT)
DOI:
10.29303/jcar.v1i1.232Published:
2019-01-18Issue:
Vol. 1 No. 1 (2019)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas atau kemanjuran model pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, serta mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament (TGT) pada materi mobilitas sosial. Pada penelitian ini, digunakan metode Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode PTK ini digunakan karena metode ini memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Mataram pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi pokok perbedaan, kesataraan dan harmonisasi sosial, sub materi pokok struktur sosial dan diferensiasi sosial kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Game Tournament (TGT), Prestasi BelajarReferences
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
John, Elliot. 1991. Action Research For Educational Change. Philadelphia: Open University Press.
Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Author Biography
Suprapti Suprapti, Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mataram
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).