Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5–6 Tahun

Authors

Dewi Setiawati , Nurhasanah , Ika Rachmayani , Abdul Kadir Jaelani

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2334

Published:

2022-10-27

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Metode pembelajaran, Nilai agama dan moral, Anak usia 5-6 tahun

Articles

Downloads

How to Cite

Setiawati, D., Nurhasanah, Rachmayani, I. ., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5–6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2334

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pendidikan karakter anak di Indonesia masih tergolong lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral di Taman Kanak–kanak Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 Gugus TK/PAUD yang ada di Kecamatan Keruak, dengan subyek penelitian sebanyak 30 guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun di Kecamatan Keruak Tahun 2022. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode simulasi diperoleh hasil analisis data dengan perolehan 95.30%, pada pembelajaran melalui metode karyawisata diperoleh hasil 96.80%, melalui metode bermain peran 97.20%, kemudian pada pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode diskusi diperoleh hasil 94.50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun lebih banyak ditemukan pada pembelajaran melalui metode bermain peran, metode karyawisata, metode simulasi, dan metode diskusi.

References

Aisyah, Siti, dkk. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ariyanto, B. (2014). Peningkatan Perilaku Islami Anak Usia Dini Melalui Metode Karyawisata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 219–230.

Asfari, M., Habibi, M., & Suwasa, I. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 110-116.

B, D. S., & A, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta

Batic, J. (2011). The Field Trip As Part Of Spatial (Architectural) Design Art Classes. 2011. Www.Dlib.Si.Pdf

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Erna Purba. 2013. Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun, Pg-Paud Fkip Universitas Tanjung pura, Pontianak.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60-66.

Hilyana, D., Fahruddin, F., & Rachmayani, I. (2022). Efektivitas Metode Bercerita untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 35-39.

Librananda, A. S., Asrin., & Rachmayani, I. (2022). Penerapan Storytelling dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 73-79.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Wamaungo, Juma, A. 2016. Jakarta: Bumi Aksara

Machsunah, Yayuk Chayatun. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus Di Lbb Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Jurnal Stkip Pgri Lamongan, Vol.1 No.2

Muhammad Noer Cholifudin Zuhri, “Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Akhlak di SMPN 8 Yogyakartaâ€, Cendekia, Vol 11 NO 1 (Juni 2013), 118.

Mu'minatun. 2015. Metode Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Di Raudhatul Athfal (Ra) Nurul Huda Bajing Kulon Kroya Cilacap. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Novia Safitri. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Tk Goemerlang Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahayu, D. I., & Fahruddin, F. 2019. Pemetaan Kompetensi Guru Paud Se Pulau Lombok Tahun 2018. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, Vol. 2. No. 1, 1-7.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jawa Barat: Nusa Media.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Risnawati, Vivit. 2012. Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran. Jurnal Pesona PAUD Volume I No.1. Diakses tanggal 4 April 2022.

Rosita, Tita dan Yunaida, Hana. 2018. “Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Diniâ€. Jurnal COMM-EDU. Vol. 1 No. 1, Januari.Hal (30-37).

Rozalena dan Kristiawan, M. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Diniâ€. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, hlm. 76-86.

Sabi'ati, Amin. 2016. Membangun Karakter Aud Dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Di Ra Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.2 No.4

Sapendi, Sapendi. 2015. Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, Vol. 9. No. 2

Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Penerbit Kencana: Jakarta.

Suarta, I. N., Rachmayani, I., Habibi, M., & Putri, B. K. K. 2021. Penerapan Teori Belajar dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. Vol. 2. No. 4

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suriani, F., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Berbasis HOTS di Kelas Rendah. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 101-104.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok:Holistica.

Tambunan. 2015. Jenis Motivasi belajar. Jakarta: Gaung Persada.

Umi Rodina. 2015. Metode Pembelajaran Bidang Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Di Taman kanak-Kanak Pertiwi Lemberang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Zainab, Z. 2012. Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui. Metode Cerita Bergambar TK Lembah Sari Agam. Jurnal. Pesona PAUD.

License

Copyright (c) 2022 Dewi Setiawati, Nurhasanah, Ika Rachmayani, Abdul Kadir Jaelani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).