Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan

Authors

Nurfadniati , M.A Muazar Habibi , Abdul Kadir Jaelani , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2356

Published:

2022-11-01

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Media Boneka Tangan, Paud Mutiara Hati.

Articles

Downloads

How to Cite

Nurfadniati, Habibi, M. M. ., Jaelani, A. K., & Astini, B. N. . (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2356

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan media boneka tangan pada anak kelompok A Paud Mutiara Hati Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindak kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 10 orang anak kelompok A dan 1 orang guru. Diketahui dari hasil observasi keterampilan berbicara anak belum meningkat disebabkan karena kurangnya stimulus dan media yang menarik sehingga anak tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Adapun hasil penelitian setelah melakukan kegiatan penerapan media boneka tangan pada siklus I mendapatkan skor 23 dengan persentase 57,5% termasuk kategori baik yang kemudian meningkat pada siklus II dengan skor  36 dengan persentase sejumlah 90%  termasuk kategori sangat baik. Dengan meningkatnya penerapan media boneka tangan membuat keterampilan berbicara anak pada pada siklus I mendapatkan skor 272,5 dengan presentase 61,9% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai skor 378 dengan presentase  85,9% dengan kategori sangat baik sehingga sudah mencapai presentase keberhasilan yaitu 85%. Dengan capaian persentase pada siklus II menyatakan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A Paud Mutiara Hati Mataram. Peningkatan yang terjadi dikarenakan perbaikan dari proses penerapan media boneka tangan oleh guru yang terlaksana dengan sangat baik sehingga keterampilan berbicara anak semakin meningkat.

References

Abubakar, Rifai. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Faisal, M., Asrin., & Jaelani., A. K. 2021. Pengaruh Model Pembelakjaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Keguruan. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.351

Fauziah, Hilda. 2018. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Di TK Yaspal III Kota Padang Luar. Institut Agama Islam Negri Batusangkar

Hariyanto, Erwin. (2020). Motode Bertukar Gagasan Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika.9(4) https://jurnaldadikta.org/contens/article/view/5

Iskandar, Agung. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada perss.

Kadarsih, Titi. 2017. Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Berbahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun PAUD Rinjadi PLN Bendega Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Mataram.

Lisharti, L., Fahruddin, F., & Nurhasanah, N. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Mikro Untuk Meningkatkan Krmampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahundi Tk Negri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Indonesian Jurnal Of Elementary And Childhood Education, I(2), 77-82. https://journal.publication-center.com/index./ijece/article/view/148.

Rahmawati, Habibi, M. A. M., Rachmayani, I., 2022. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Bubur Kertas Pada anak Usia 5-6 Tahun Di KB Mentari Gomong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. DOI:https://doi.org/10.2303/jipp.v7i3b.768

Rudiyanti, Ahmad. (2016) Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metro: CV Laundry Aliftama.

Sari, R. S., Habibi, M. A. M., Astawa, I. M. S. 2022. Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B TK Asmaul Husna Desa Embung. Jurnal Mutiara. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index/php/JMP/index

Sulastri, Sudirman, H., & Jaelani, A. K. (2022) Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motifasi Siswa SDN Di Gugus I Kediri Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education. DOI: https://ejurnalmandalanursa.org/index.php/JIME

Wahyuni, S., Astini, BN., Suarta, IN., Astawa, IMS. (2021). Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Lingkungan Masyarakat Desa Mujur Tahun 2020. Indonesian Jurnal Of Elementary And Childhood Education.2(1),185-190. https://journal.publicationcenter.com/index./ijece/article/download/635/163

Wulandari, R. R., Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K., 2021. Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review, (SQ3R) Terhadap Keterampilan Menbaca Kritis SDN Kelas IV Gugus IV Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Keguruan. DOI:https://doi.org/10.29303/jipp/v6i4.284.

Watti, Widdia. 2021. Penggunaan Media Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Usia Dini Di RA Cendekia Al-Madani Kecematan Ngambur Pesisit Barat. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung

License

Copyright (c) 2022 Nurfadniati, M.A Muazar Habibi, Abdul Kadir Jaelani, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).