Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak

Authors

Nur Farida Kusumaningtyas , Baik Nilawati Astini , Fahruddin , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2373

Published:

2022-11-02

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan, Sumbawa.

Articles

Downloads

How to Cite

Kusumaningtyas, N. F. ., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. . (2022). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak . Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2373

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dikelompok B di PAUD Melati Desa Pungka Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian berdasarkan pada pemikiran positivisme. Maka dari metode penelitian yang digunakan ini adalah Pre-Experimental Designs(Nondesigns). Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen One Group Pretest Posttest. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 10 anak kelompok B PAUD Melati Desa Pungka Kabupaten Sumbawa. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrument penilaian. Data analisis menggunakan uji t. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari pretest kemampuan membaca  anak yaitu skor tertinggi 33 dan terendah 24. Nilai rata-rata (mean) sebesar 29,2 dan standart deviasi sebesar 2,62. Data hasil penelitian yang diperoleh dari posttest berkaitan dengan kemampuan membaca anak yaitu skor tertinggi 35, dan terendah 28. Nilai rata-rata (mean) sebesar 32 dan standart deviasi sebesar 2,1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Melati. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil akhir rata-rata anak, di mana rata-rata anak pada hasil pretest (sebelum perlakuan) adalah 29,2 dari 10 anak, sedangkan rata-rata anak pada hasil posttest adalah 32 dari 10 anak. Selain hasil rata-rata anak, didapatkan juga hasil uji t hitung diperoleh nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Maka dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan HI  di terima, yang artinya ada keefektifan penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di kelompok B.

References

Ainun, Sinta, Fahruddin. 2021. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di Kecamatan Wera Tahun 2021. Jurnal PAUD Unram: 69-73.

Arikunto, Suhaersimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Beaty, Jenice (penerjemah). 2014. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi ketujuh. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Euis Imas Daeni. 2020. Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Karti Kata Bergambar di Kelompok B2 TK Darussalam. Jurnal Education FKIP UNMA. 6(2) : 500-503.

Esra Sangelia, Nurbiana Dhieni dkk. 2022. Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1) : 279-287.

Ema Khofifah, Dewi Siti Farida, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Anak dalam Menyusun Kalimat Berdasarkan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(4) : 2614-6231

Fahruddin, Ika Rachmayani, Zulva. 2021. Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di RA Roszaini Husna. Indonesian Journal Of Elementary and Childhood Education. 2(3):294-296.

Fatimatuzza’rah, Muazzar Habibi. 2022. Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Samara Lombok Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal paud unram: 8-13

Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin. 2017. Pengembangan Media Big Book untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017.

Qomari Sp, Utsnani, Baik Nilawati Astini, 2021. Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini di Desa Rempung. Jurnal paud unram: 31-35.

Santrock, John W. 2012. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas jilid 1: Erlangga

Safitri, Nuri, Ika Rachmayani. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research: 49-53.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: CV. Alfabeta.

Winarti, dan Dadan Suryana. 2020. Pengaruh Permainan Puppet Fun Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2): 873-882.

Zein, Riwayati dkk. 2020. Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda Padang. STKIP Adzkia Padang. Vol 3 (3).

License

Copyright (c) 2022 Nur Farida Kusumaningtyas, Baik Nilawati Astini, Fahruddin, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).