Implementasi Program Literasi Dasar pada Anak Sekolah Dasar

Authors

Entin Shalihat , Moh. Irawan Zain , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2390

Published:

2022-11-06

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Program Literasi Dasar, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.

Articles

Downloads

How to Cite

Shalihat, E. ., Zain, M. I. ., & Oktaviyanti, I. . (2022). Implementasi Program Literasi Dasar pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2390

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program literasi dasar, (2) Pelaksanaan program literasi dasar, dan (3) Evaluasi program literasi dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dalam program literasi dasar terdiri dari fasilitas, jadwal kegiatan, dan kegiatan pembelajaran,  2) Pelaksanaan dalam program  literasi dasar terdiri dari a) Pelaksanaan dalam penggunaan fasilitas seperti diperluas perpustakaan, menambahkan jumlah buku, menambahkan sudut baca, menambahkan gambar-gambar untuk mading, b) Pelaksanaan dalam jadwal pelaksanaan literasi terdiri dari: a) Morning spirit dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai, b) Kegiatan pembelajaran terdiri dari pelaksanaan pembelajaran dengan kelompok Semua Anak Cerdas (SAC) yang terdiri dari kelompok pemula dan huruf, kelompok kata dan paragraf, dan kelompok cerita I dan cerita II, 3) Evaluasi dalam program literasi dasar dengan program Semua Anak Cerdas (SAC) terdiri dari: a) Fasilitas, b) Jadwal pelaksanaan literasi, c) Evaluasi kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa implementasi program literasi dasar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik yang dilihat dari menggunakan program Semua Anak Cerdas (SAC).

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52-58.

Bungsu, PA., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2): 522-527.

Dafit, F., & Ramadan., HZ. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4): 1429-1437.

Destrianto, K., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2):133-139.

Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(6): 732-744.

Erfan, M., dkk. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1): 1-18.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60-66.

Hastuti, S., & Lestari, AN. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka, 1(2), 29-34L, Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 922.

Indianasari, I., & Prasetyo, K. B. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Kemampuan Literasi Membaca Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Media Buku Saku. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 57-61.

Lestari, R., Sari, M. P., & Syah, A. (2021). Pentingnya Kreativitas Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 120.

Magdalena, I., Akbar, M., Situmorang, R., & Rosnaningsih, A. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 230-248.

Maulyda, AM., dkk. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3):619-630. doi: 10.22460/jpmi.v4i3.619-630.

Pakpahan, R. (2017). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 331–348

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rosyidah, KNA., dkk. (2021). Pengentasan Buta Aksara Berbasis Pendekatan “Semua Anak Cerdas†untuk Guru SD. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(3):3642-377. doi:10.33474/jipemas.v4i3.10884.

Selpiani, I., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 57-63.

Septiary, D. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(2):159-169.

Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Jurnal Epistema, 1(1), 1-11.

Shela, V. (2020). Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Retrieved from https://repository.uin-suska.ac.id/25242/2/Skripsi%20vonie%20shela.pdf.

Tahir, M., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Budaya Guru Muatan Lokal dalam Mendukung Gerakan Literasi Nasional di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Mataram. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 5(1), 09-18.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Wandra, D., & Hadiyanto. (2021). Perencanaan Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5): 3. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1005.

Widayoko, A., H, KS., & Muhardjito. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 78-92.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2): 230-238.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Zulfia, FN., (2019). Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MAN 02 Jepara. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

License

Copyright (c) 2022 Entin Shalihat, Moh. Irawan Zain, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).