Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian

Authors

Lalu Gede Agung Krisna Darma Adistira , Husniati , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2398

Published:

2022-11-07

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Analisis, Kesulitan Belajar, Operasi Perkalian

Articles

Downloads

How to Cite

Adistira, L. G. A. K. D. ., Husniati, & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2398

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kesulitan belajar materi perkalian di kelas 6. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 di MI Darur Abror. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, tes. Teknik analisi data yang digunakan mengunakan cara Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji credibility dengan jenis triagulasi sumber. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut; (a) kesulitan belajar oprasi hitung meliputi kesulitan memahami konsep perkalian, kesulitan prosedur perkalian bersusun, kesalahan dalam menghitung perkalian campuran, motivasi siswa rendah, kurang menafsirkan soal; (b) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa meliputi kurangnya konsep perkalian dan kurangnya perhatian siswa dalam belajar matematika, motivasi, guru lebih menekankan pada hafalan perkalian, fasilitas yang kurang memadai; (c) Solusi kesulitan belajar siswa meliputi memberikan contoh situasi perkalian dan menggunakan alat peraga, memberikan pemahaman perkalian bersusun, memahami perkalian campuran sederhana, untuk memotivasi anak lakukan pengulangan, buat menyenangkan, gunakan beragam media, lingkungan yang kondusif.

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas iii sekolah dasar. In Nurul Amallia-Een Unaenah Attadib Journal Of Elementary Education (Vol. 3, Issue 2).

DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Diakses pada 22 Agustus 2021 10.50

Cahyadi Wibowo, D., Agia, Y., Persada Khatulistiwa sintang, S., & Kunci, K. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika kelas v sd negeri 25 Rajang Begantung II. 2(2).

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/download/869/pdf&ved=2ahUKEwjVq7D6gtvyAhVJlEsFHcczBDQQFnoECAUQAQ&usg=AOvVaw0QnUGRDeG6SU9ODI5fuOcW&cshid=1630404750400

Diakses pada 8 Agustus 2021 14.15

Devi, Mia M. Y. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa kelas ii pada materi penjumlahan di madrasah ibtidaiyah negeri 4 Tulungagung. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ghufron, Nur M, & Rini Risnawita. (2015). Kesulitan belajar pada anak: identifikasi faktor yang berperan. Journal Elementary (Vol. 3, issue 2).

DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v3i2.1455

Diakses pada 22 Agustus 2021 10.30

Hayati, sri. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia

Hasmira. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik Tunarungu kelas dasar iii di slb YPAC Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Indah, Putri J., Bagus A. S., Riris S. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. (Vol 3. No 2)

KBBI https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Marlina. (2019). Asesmen kesulitan belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maryani, I., Laila F., Vera Yuli E., Muhammad N. W., & Ali M. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. Yogyakarta: K-Media.

Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal pendidikan matematika. (Vol. 2, issue 2).

DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Diakses pada 7 Agustus 2021 8.30

Oktari, Emi Z., Tutut H., Faudilah A. S. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi operasi hitung campuran siswa mi hijriyah ii Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (Vol. 9, No 1)

Oktaviyanti, itsna, Nassarudin, Heri S., Ilham S., J. (2021). Identifikasi kesulitan fungsional siswa SDN Peresak Bebuak kecamatan kopang kabupaten Lombok tengah. Jurnal ilmiah profesi Pendidikan. (Vol. 6, No 1)

Priatna, Nanang, & Ricki Y. (2019). Pembelajaran matematika untuk guru dan calon guru. Bandung: PT Remaja ROSDAKARYA

Restanti, Indri M. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah dengan menggunakan metode perkalian untuk siswa kelas ii sdn Setia Asih 05. Bina manfaat ilmu: jurnal pendidikan. E-ISSN :2355-519X.

From https://core.ac.uk/display/267884809?recSetID

Diakses pada 22 Agustus 2021 08.30

Sari, Destri E. (2020). Analisis faktor kesulitan belajar matematika secara daring kelas v di sdn 27 kecamatan gedong Tataan-kabupaten Pesawaran. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

http://repository.radenintan.ac.id/13960/1/SKRIPSI%202.pdf

Diakses pada 10 Maret 2022 12.20

Sarumaha, R., Tekiur G. (2020). Upaya mengatasi kesulitan siswa dalam operasi perkalian dengan metode latis di kelas vii smp negeri 1 Luahagundre Maniamolo. Jurnal pembelajaran dan matematika sigma. (Vol. 6, issue 1).

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/325618-upaya-mengatasi-kesulitan-siswa-dalam-op-8715a995.pdf&ved=2ahUKEwi94dyDzNb0AhWEWHwKHR7lAq0QFnoECAUQAQ&usg=AOvVaw3EAhzkKxuuGBUoKnm0fj4Y

Diakses pada 9 Desember 2021 19.40

Sholihah, Dyah A., & Ali M. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika mts materi bangun ruang sisi datar. Jurnal riset pendidikan matematika. (Vol. 2, issue 2).

DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Diakses pada 22 Agustus 2021 08.10

Sunhaji. (2014). Konsep managemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan. (Vol. 2, issue 2).

DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Diakses pada 22 Agustus 2021 07.40

Tyas, N. M. (2016). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas iv sekolah dasar negeri di kecamatan Ungaran barat kabupaten Semarang. Universitas negeri semarang.

http://lib.unnes.ac.id/24893/1/1401412428.pdf

diakses pada 10 Maret 2022 12.55

License

Copyright (c) 2022 Lalu Gede Agung Krisna Darma Adistira, Husniati, Ilham Syahrul Jiwandono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).