Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Authors

Nova Yulianingsih , Asrin , Heri Hadi Saputra

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2399

Published:

2022-11-07

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Kompetensi Guru, Rencana Pelaksaan Pembelajaran, Tematik.

Articles

Downloads

How to Cite

Yulianingsih, N. ., Asrin, & Saputra, H. H. . (2022). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik . Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2399

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru sekolah dasar dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik 2013 di SDN Inpres Doridungga. Kedua, mendeskripsikan kendala guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik 2013 di SDN Inpres doridungga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang di gunakan dalam peneliti adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari informan dengan menggunakan lembar wawancara dan observasi dari sumber informan secara langsung dilapangan dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan semua guru di SDN Inpres Doridungga. Data skunder adalah data yang di peroleh dengan cara dokumentasi sebagai pelengkap data primer, berupa foto atau arsip yang berkaitan dengan peneliti.Metode pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dalam menyusun rebcana pelaksanaan pembelejaran tematik 2013 di SDN Inpres doridungga terdapat beberapa perngkat di antaranya (1) Silabus, (2) Rerencana pelaksanaan pembelajaran, (3) Lembar kerja siswa, (4) Buku siswa, (5) Media pembelajaran, (6) Tes hasil belajar. Data penyusunan rencana pelaksanaa pembelajaran tematik 2013 guru diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil observasi terhadap tiga belas dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam K.13 RPP terdapat masing –masing 15 komponen, dalam komponen dari ke 13 RPP terdapat beberapa RPP yang tidak memuat media pembelajaran dan sumber belajar dari situ dapat  menunjukkan bahwa guru sudah cukup baik dalam melaksanakan keterampilan mengajar, walaupun ada beberapa komponen yang belum terlaksana dengan cukup baik.

References

Aguspiani, R., Bagus, I., & Irawan, M. (2022). Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan di Era Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 87-97.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Creswell,J.W. (1998).Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition.London:Sage Publications

Fadillah. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Febrina, F., Hajidin, H., & Mahmud, M. (2016). Kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SDN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Harahap, A. R., & Prastowo, A. (2021). Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 191-199.

Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 1-18.

Instarani & Intan Pulungan.2015.Ensiklopedi Pendidikan. Medan Persada

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Joseph dan Leonard (Majid,2009:95) Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi revisi.Bandung: PT Raja Rosdakarya.

Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru, Jakarta, Depdiknas.

Permendiknas Rebublik Indonesia No.045 Tahun 2002 Tentang Kompetensi Nasional Pendidikan.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Riadi, N., Musaddat, S., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 47-56.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234-2244.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Nova Yulianingsih, Heri Hadi Saputra, Asrin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).