Pengaruh Teknik The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

Safinah Tulhariya , Husniati , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2401

Published:

2022-11-14

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Hasil belajar, IPS, The Power Of Two

Articles

Downloads

How to Cite

Tulhariya, S., Husniati, & Oktaviyanti, I. . (2022). Pengaruh Teknik The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar IPS . Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2401

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN 2 Tente. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tente, Kec. Woha, Kab. Bima yang dimana memiliki 2 kelas paralel. SDN 2 Tente memiliki kelas IV A dan kelas IV B dan jumlah keseluruhan siswa pada kelas IV adalah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil kemampuan awal (pretest) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 57 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,8. Sedangkan data kemampuan akhir (posttest) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,1, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63,6. Hasil uji-t untuk hasil belajar yaitu nilai thitung = 3447 dan nilai ttabel = 1676, dengan df = n1 + n2 – 2 ialah 48 sehingga thitung = 3447 > ttabel = 1676, maka Ha diterima Ho ditolak. Atau bisa juga dilihat pada nilai sig.(2-tailed) dapat diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh teknik the power of two terhadap hasil belajar siswa muatan IPS Kelas IV SDN 2 Tente. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh uji effect size dari data posttest siswa yang telah dilakukan diperoleh besar pengaruh teknik the power of two sebesar 0,03. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Tente ini dikategorikan sedang.

References

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Depdiknas, Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Harianto. 2010. Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Kelas Rendah. Mataram Lombok: Cerdas Prees

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.20 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Menengah. Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas. 2016. Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Menengah. Depdiknas, Jakarta.

Fitri. 2016. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:Universitas Negeri Jakarta

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Silberman, Melvin L. 20010. Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia

Silberman, Melvin L. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia

Silberman, Melvin L. 2003. Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia

Siti Khaerani. 2013. Pengaruh Teknik The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V SDN Rasau Jaya. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

License

Copyright (c) 2022 Safinah Tulhariya, Husniati, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).