Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pemebalajaran PPKN

Authors

Gita Herawati , Ida Bagus Kade Gunayasa , SitiIsti Ningsih

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2423

Published:

2022-11-14

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Media Animasi, Hasil Belajar, SDN Sokong

Articles

Downloads

How to Cite

Herawati, G. ., Gunayasa, I. B. K. ., & Ningsih, S. . (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pemebalajaran PPKN . Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2423

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 8 Sokong. Jenis penelitian ini adalah  quasi experimental dengan post-test only control group design. populasi penelitian ini adalah kelas IV a dan kelas IV b berjumalah 40 siswa yang masing- masing kelas berjumlah 20 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 8 Sokong. Metode pengumpulan data yang digunakan  yaitu tes dan dokumentasi. Data hasil belajar diperjelas dengan tehnik pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan leven’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data selanjutnya dianalisis menggunakam uji sample independen. Diperoleh t-hitung sebesar 1.317 sedangkan t-tabel sebesar 2,042 pada taraf signifikan 0,192. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Tedapat Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajarn PPKn Tahan Pemebalajaran 2021/2022.

References

Anwar, H., & Otaya, R. (2019). Penerapan Media Audio Visual dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Suwawa. Al-Muzakki, 1(1), 15-30.

Dewi, N. C. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 210-216.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Jumiati, J., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Strategi Guided Note Taking Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 18 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 777-785.

Mauliddia, A. M., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ritatoon untuk Menarik Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 1 Kerumut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 729-734.

Muhammad Turmuzi,dkk 2022, Pengaruh Strategi Guided Note Taking Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 18 Cakranegara. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pedidikan Unuversitas Mataram.

Nurhasanah dkk. 2021, Pegembagan Media Pembelajaran Pakapin Pada Pembeajaran

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Safruddin dkk 2020 . Pengaruh Media Permainan Behasa Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Gerung. Prosding seminar nasional Pendidikan inklusif

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono (2019). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri Di Kecamatan Mijen Kota Semarang

Tematik siswa Kelas III Skolah Dasar Negri Wadukopa. Jurnal Pendidikan Dasar.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zubandi, A., Astini, B. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

License

Copyright (c) 2022 Gita Herawati, Ida Bagus Kade Gunayasa, SitiIsti Ningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).